Flying Rooster, ‘Funny Car’ Berbasis Cleveland The Heist

0
Cleveland The Heist
Rizqi Pratama, builder dari workshop Lemb Inc, terinspirasi membuat Cleveland The Heist jadi ala mobil drag. Foto: Kustomfest

NaikMotor – Kepincut dunia drag race Amerika Serikat era 70-an membuat Rizqi Pratama, builder dari workshop Lemb Inc, terinspirasi membuat Cleveland The Heist menjadi mobil drag.

Acuannya pun tak tangung-tanggung yakni mobil drag race NHRA yang turun di kategori Funny Car. Dimana bentuknya memang tak biasa, seperti rudal dengan ban depan kecil dan ban belakang besar.

Cleveland The Heist
Bodi dibuat knock down dengan engsel di bagian depan.

Untuk mendapat tampilan ala Funny Car, workshop asal Depok ini pun harus menyulap bentuk standar Heist jadi lebih kurus. Alhasil bodi standar semua lungsur diganti dengan bahan fiberglass.

Modelnya dibuat agar mengingatkan bentuk Funny Car. Agar lebih realis, bodi yang sangat ringan itu dibuat knock down dengan cara memberi engsel di bagian depan dan pengunci rahasia di bagian kolong.

Cleveland The Heist
Tangki bensin pindah ke bawah jok

Jadi bodi dengan sistem knock down tersebut bisa diangkat ke atas dan ditutup kembali seperti bodi mobil drag. Untuk mengakomodir sistem tersebut, maka tangki bensin pindah ke bawah jok ala motor bebek.

Proporsi motor drag yang nunduk tidak dihilangkan. Supaya lebih sangar, segitiga T dibuat ulang dari bahan alumunium, bersanding dengan sok depan Yamaha RX King yang dibungkus dari stik baseball.

Cleveland The Heist
Buritan seksi

“Posisinya lebih turun, tapi ketika merunduk tidak menghalangi pandangan,” ungkap Rizqi yang dikutip dari Kustomfest.com.

Uniknya pria ulusan dari product design di perguruan tinggi di Bandung ini tetap mempertahankan rangka standar, sebagai syarat lomba di Cleveland Cyclewerks Bike Build Off di Kustomfest 2014.

Cleveland The Heist
Rangka standar Cleveland The Heist

Agar tampilannya lebih ‘bersih’ Rizqi mengumpulkan semua perangkat kelistrikan jadi satu di tabung stainless. Tabung ini diletakkan di belakang mesin, seperti oil catch tank di motor Harley.

Terakhir untuk memperkuat konsep, motor dilabur cat candy red metalflake ditambah unsur lettering. Motor pun diberi nama Flying Rooster, dimana tema Flying memang sering dipakai di dunia racing oldskool.(Agl/nm)

Flying Rooster:

Owner: Cleveland Indonesia
Builder: Rizqi Pratama
Workshop: Lemb Inc.
Frame: Cleveland The Heist
Engine: Cleveland The Heist
Production: 2014
Transmition: 5 Speed
Front & Rear Wheels:  Stock 2.15×21 inch (F) & Harley Aftermarket 3.50×16 (R)
Front & Rear Tires: Avon Speedmaster MK II 3.00-21(F) & Shinko E270 5.00-16 (R)
Suspension: Yamaha RX King
Brake System: Brakeless (F) & Honda VT250F (R)
Exhaust System Pipes: Custom
Exhaust System Material: Galvanis
Painting Artist: Lemb Inc.
Seat: Custom
Headlamp: Custom
Handlebar: Custom
Footstep: Custom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here