Ini 7 Sasaran Operasi Zebra 2018 Termasuk Menggunakan HP Saat Berkendara

0
Sasaran Operasi Zebra 2018
Operasi Zebra 2018 akan menilang pelanggar lalu lintas, termasuk lawan arus. Foto: dok ntmc polda metro

NaikMotor – Operasi penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas telah digelar sejak 30 Oktober 2018 hingga 12 November 2018 mendatang. Ini 7 Sasaran Operasi Zebra 2018 yang digelar di serentak di seluruh Indonesia.

Korlantas Polri dalam keterangannya menyebutkan tujuan Operasi Zebra 2018 untuk mendorong lebih terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas). Seperti yang dirilis oleh situs NTMC Polri.

Saat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2018, di lapangan NTMC Korlantas Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (30/10/2018), Kepala Koprs Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri, memberikan arahan kepada seluruh personil Polantas se-Indonesia untuk melakukan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas. Ada 7 sasaran Operasi Zebra 2018 yang akan ditindak petugas :

1. Pengendara yang menggunakan atau memainkan handphone saat berkendara,
2. Pengendara yang melakukan lawan arus,
3. Pengendara sepeda motor yang melebihi kapasitas (muatan dan orang),
4. Pengendara kendaraan dibawah umur,
5. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt,
6. Pengendara yang menggunakan narkoba, dan mabuk,
7. Pengendara yang melebihi batas kecepatan.

Penindakan terhadap pelanggaran itu disebutkan sebagai upaya untuk menekan pelanggaran berlalu lintas. Kakorlantas pun menegaskan kepada seluruh bawahannya untuk melaksanakan penegakkan hukum yang tegas kepada masyarakat yang memang melakukan pelanggaran.

Dalam operasi ini, polisi akan lebih banyak mengedepankan pola represif atau penilangan terhadap pelanggar. “Kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau melanggar lalu lintas langsung ditindak tegas alias tilang di tempat,” pungkas Kakorlantas, (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*