Mesin Honda MotoGP Dipakai Konsep Mobil Project 2&4

0
Honda-Mobil-konsep-mesin-MotoGP
Mobil konsep Honda Project 2&4 akan dipicu mesin MotoGP RC213V versi jalan raya yang akan ditampilkan di Frankfurt Motor Show 2015 mendatang. Foto: Honda

Jepang (naikmotor) – Honda RC213V-S memiliki mesin V4 replika motor balap MotoGP yang ditunggangi Marquez dan Pedrossa untuk versi jalan raya. Tetapi kini mesin itu digunakan untuk mobil konsep yang akan ditampilkan perdana saat Frankfurt Motor Show 2015 mendatang.

Honda menyebutnya sebagai Project 2&4, untuk konsep berupa mobil tanpa kabin dan bermesin sepeda motor. Honda menambahkan bawa mesinnya akan dipacu oleh RC213V yang dimodifikasi untuk digunakan di jalan raya, hingga menerangkankan bahwa mesin 1000 cc tersebut adalah milik Honda RC213V-S yang diluncurkan Juni lalu di Catalunya.

Soal wujud mobil sampai saat ini Honda masih bungkam, dan hanya teaser saja yang dipubikasikan. Tetapi proyek disebutkan merancang konsep berbasis dua sepeda motor yang ditandem, dirancang bersama oleh pusat desain sepeda motor Honda di Asaka dan mobil Honda di Wako, Jepang.

Berdasarkan foto teaser terlihat, rancangan bagian roda yang terbuka dengan suspensi double wishbone. Sepertinya sosoknya akan mirip mobil F1. Walau posisi jok pengemudi tampaknya tak berada di tengah. Mesin diletakkan di bagian belakang, tangki di bagian tengah, dan ada sebuah struktur mirip airscoop mobil F1.

Namun, bisa saja konsep berupa mobil eksotis tetapi produk pabrikan sepeda motor seperti model KTM X-Bow, Ariel Atom, atau Polaris Slingshot. Memang Honda menjelaskannya sebagai konsep yang menggabungkan kebebasan bersepeda motor tetapi dengan pengendalian serasa mobil. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here