Bermesin Terbalik, Nembo 32 Tak Pusing Soal Titik Berat

0
Nembo 32
Nembo 32 produk Italia untuk menarik perhatian didesain dengan meain terbalik. Foto: nembo

NaikMotor – Desainnya menonjolkan gaya khas rancangan Italia yang menjual penampilan bodi kekar berotot. Yang membuat tak biasa adalah Nembo 32  menggunakan mesin upside down untuk menarik perhatian.

Pabrikan Italia ini memang ingin membuat sesuatu yang berbeda. Roadster Nembo 32 rancangan mereka dilengkapi dengan mesin terbalik. Mesin 3 silinder 2.000cc dengan tenaga keluaran 200 daya kuda dan torsi 210Nm itu memang diletakkan bertolak belakang dengan mesin normal.

Para teknisi di Nembo menyebutkan, rancangan mesin terbalik itu terinspirasi dari posisi mesin pesawat baling-baling jadul. Selain itu, menurut mereka soal titik berat yang rendah tak jadi soal, yang penting justru bagian bawah bisa lebih ramping.

Sehingga mereka membalik mesin dengan bagian crank di atas dan silinder di bawah. Sebenarnya posisi mesin terbalik itu memiliki keuntungan dengan crank di atas maka rangka trellis penopang tak perlu besar. Hasilnya, berat motor hanya 160 kg saja, lebih ringan daripada Kawasaki Ninja SL250.

Nembo 32 dilengkapi swingarm berbahan serat karbon demikian dengan pelek. Garpu depan buatan Marzocchi 50mm, suspensi udara buatan Bellapadrona di bagian belakang, dan sistem rem buatan Brembo.

Kabarnya, Nembo 32 sudah ditawarkan di situs Indiegogo, dan hanya dibuat terbatas. Soal harganya belum terkonfirmasi, sebab modal produksinya dikumpulkan melalui crowd funding. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here