Lomba Kreativitas Milenium di Millenial Road Safety Festival 2019 Berhadiah Jutaan

0
Lomba Kreativitas Milenium di Millenial Road Safety Festival 2019
Lomba Kreativitas untuk mendukung program Millenial Road Safety Festival 2019. Foto: istimewa

NaikMotor – Sebuah program agar kaum millennial teredukasi dan tersadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas telah dicanangkan. Salah satu dari rangkaian kegiatannya adalah lomba kreativitas milenium di Millenial Road Safety Festival 2019 tersebut.

Millenial Road Safety Festival 2019 merupakan sebuah program Korps Lalu Lintas (KORLANTAS), Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), dan Relawan Lalu Lintas (RELASI). Dengan melihat kenyataan menurut WHO dan PBB, kecelakaan lalu lintas merupakan urutan ke-5 paling banyak yang menyebabkan manusia meninggal dunia.

Selain itu, menurut amanat UU NO. 22 Tahun 2009 pasal 203, pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya keselamatan lalu lintas angkutan jalan. Program-program Road Safety pun juga dicanangkan dalam RP JMN Tahun 2015 sampai 2019 berdasarkan PERPRES No. 2 tahun 2015. Hal ini merupakan bentuk implementasi dari program kerja KORLANTAS POLRI yaitu road safety menuju zero accident sebagai kelanjutan tahun keselamatan untuk kemanusiaan.

Di Indonesia, kecelakaan lalu lintas paling banyak melibatkan kaum remaja atau millennial dalam rentang umur 17 tahun sampai 35 tahun. Tema yang digagas untuk acara ini adalah “Mewujudkan generasi millennial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang”. Maka dari itu, dengan diselenggarakannya Millenial Road Safety Festival 2019 para penyelenggara berharap para kaum millennial teredukasi dan tersadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas sehingga berkurangnya tingkat kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kaum millennial itu sendiri. Millenial Road Safety Festival 2019 ini diselenggarakan serentak di 34 Provinsi termasuk DKI Jakarta yang dimulai dari tanggal 1 Februari 2019 sampai 31 Maret 2019.

Mendukung program, dengan digelarnya lomba kreativitas milenium di Millenial Road Safety Festival 2019 tersebut. Ada 6 kategori kegiatan yang diperlombakan pada Millenial Road Safety 2019. Perlombaan tersebut adalah pembuatan vlog, pembuatan blog, fotografi, desain poster, jingle competition, video pendek, dan mural competition.

Untuk wilayah DKI Jakarta, pendaftaran perlombaan dimulai dari tanggal 1 Februari 2019 dan tutup pada 10 Maret 2019. Pendaftaran perlombaan dibuka untuk umum dan gratis namun tidak diperuntukan bagi TNI/Polri tetapi dapat berkolaborasi dengan Kepolisian. Perlombaan ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta namun warga Depok, Tangerang, dan Bekasi bisa juga berpartisipasi dalam perlombaan-perlombaan ini. Menariknya, total hadiah lomba kreativitas milenium di Millenial Road Safety Festival 2019 tersebut pun mencapai puluhan juta rupiah.

Selain itu, akan ada acara puncak pada Minggu, 31 Maret 2019 di Monumen Nasional, Jakarta yang nantinya akan dibuka oleh Presiden Jokowi. Di dalam acara puncak ini, akan ada penampilan hasil karya-karya yang telah dibuat oleh para peserta dari 6 cabang lomba. Selain pengumuman pemenang lomba, untuk wilayah DKI Jakarta akan ada berbagai rangkaian acara menarik yang tidak boleh dilewatkan oleh para warga DKI Jakarta.

Tim Polda Metro Jaya beserta tim penyelenggara yang lainnya berharap masyarakat DKI Jakarta dan bisa aktif dalam menyambut kegiatan ini. Karena hadiah perlombaan ini sangat menarik dan tidak boleh terlewatkan bagi warga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Selain antusias terhadap kegiatan yang diselenggarakan, tim penyelenggara juga berharap dengan diadakannya kegiatan ini, segala tujuan dapat tercapai dengan baik khususnya dalam menertibkan warga Jakarta dan sekitarnya dalam berlalu lintas. Tidak hanya untuk kaum millennial namun juga untuk seluruh lapisan masyarakat. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY