6 Poin Penting Agar Mudik Aman dan Nyaman dengan Motor dari Astra Otoparts

0
6 poin mudik aman dan nyaman dengan motor
Sebelum muduk dengan motor perhatikan 6 poin agar mudik aman dan nyaman. Foto: YA

NaikMotor – Mudik dengan sepeda motor menjadi alternatif selain dengan kendaraan lain. Tetapi sebaiknya memperhatikan 6 poin mudik aman dan nyaman dengan motor dari Astra Otoparts, berikut.

Meskipun saat ini berbagai alternatif kendaraan untuk melakukan perjalanan mudik kian beragam, sepeda motor masih menjadi salah satu alternatif kendaraan yang dipilih oleh sebagian pemudik, khususnya untuk rute perjalanan yang singkat. Dengan karakteristik sepeda motor, bukan hanya kondisi fisik yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemudik, akan tetapi sangat disarankan juga untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik, di antaranya:

6 poin mudik aman dan nyaman dengan motor

1. Melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang akan digunakan maksimal 1 minggu sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

2. Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak antara kendaraan baik di depan maupun belakang.

3. Pemudik menggunakan motor dihimbau untuk merencanakan perjalanan dengan baik termasuk mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui, serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

4. Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Saat beristirahat pastikan kembali bahwa melakukan pengecekan terhadap motor di beberapa bagian penting.

5. Perhatikan juga perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman untuk digunakan seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Kemudian siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

6. Jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik, sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat lebaran. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here