Yamaha Melempem Ditinggal Despres di Dakar Rally 2015

0
43

Yamaha-Botturi

Chili (naikmotor.com) Tahun ini rupanya menjadi tahun yang sangat berat bagi Yamaha di Dakar Rally (DR). Bukan hanya karena mereka harus merelakan pereli andalannya yaitu Cyril Despres bertarung di kategori lain yaitu kategori mobil. Namun juga karena mereka tidak sekali pun tampil kompetitif hingga enam etape berlangsung.

Tahun lalu, ketika Despres masih memperkuat tim balap itu, Yamaha mampu tampil bagus dan memenangi beberapa etape. Bukan hanya Despres yang tampil kompetitif, namun rekan setimnya juga yaitu Olivier Pain mampu tampil agresif. Bahkan di akhir lomba, Pain finish di podium ketiga.

Sebenarnya kontrak Yamaha dengan Despres, sejatinya berlaku untuk dua musim, yaitu DR 2014 dan DR 2015. Namun tawaran dari Peugeot Racing untuk memperkuat tim balapnya di kategori roda empat, sangat sulit ia tolak. Hingga akhirnya ia harus menjalankan kompensasi dengan Yamaha, yaitu tetap berkontribusi melakukan pengembangan untuk DR 2015.

Meski demikian, hasilnya tidak seperti tahun lalu. Olivier Pain dan Juan Pedrero Garcia, tak tampil kompetitif. Bahkan Frans Verhoeven yang biasanya mampu mengacak-acak barisan depan pereli KTM di DR musim-musim sebelumnya, kali ini hanya tampil sekali di urutan 10 besar.

“Mengawali DR 2015, sungguh menyenangkan. Tapi berjalan di tipe trek seperti ini, rupanya tidak mudah bagi paket motor kami. Tim teknis sudah melakukan segala upaya, tapi hasilnya kami tidak bisa bertarung seperti di tahun-tahun sebelumnya. Apalagi ketika berada di ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut, sangat membingungkan. Lantaran kadar oksigen di udara juga sudah sangat tipis,” ujar Pain.

Tidak berbeda dengan ungkapan Pain, begitu juga dengan Alessandro Botturi dan Michael Metge. Mereka tak puas dengan performa motor Yamaha tahun ini. Padahal di kategori ATV, pereli Yamaha tampil dominan di klasemen sementara. Di urutan 10 besar hanya terselip Nosiglia (Honda) di urutan kelima dan Palma (Can-Am) di posisi kedelapan, selebihnya didominasi Yamaha.

Jadi sebenarnya, bisa dibilang bahwa kesiapan Yamaha di kategori motor, kurang baik. Lantaran performa semua perelinya di kategori ini nyaris tak kompetitif. (Spy/NM) Foto: Yamaha Racing

Posisi pereli Yamaha di kategori motor Dakar Rally 2015 sampai etape ke-6:
1. Joan Barreda Bort, ESP (Honda) 21:38:35
2. Marc Coma, ESP (KTM) 21:51:02
3. Paulo Gonçalves, PRT (Honda) 21:55:47
4. Pablo Quintanilla CHL (KTM) 22.08.32
5. Toby Price,AUSP (KTM) 22:19:18
………….
13. Alessandro Botturi, ITA (Yamaha) 22:57:53

17.Michael Metge, FRA (Yamaha) 23:05:06
………….
20. Oliver Pain, FRA (Yamaha) 23:49:15

 

 

LEAVE A REPLY

*