Pembalap Papua Barat Ini Juara Nasional Bersama Yamaha MX King 150

0
Fadhil-Juara-Nasional-IP150-2015
Meski menyisakan satu seri di final IRRC yang direncanakan di Binuang Nopember mendatang, R Fadhil asal Papua Barat telah memastikan juara nasional IP150. Foto: Arif

Jakarta (naikmotor) – Rusman Fadhil, pembalap yang akan membela Papua Barat dalam Pra PON dari Traxxion Suspension & Vesrah telah memastikan menjadi juara nasional kelas IP150 setelah mengantongi poin 136.

Poin 136 dikemas hasil dari seri Indonesia Road Racing Championship (IRRC) di Sirkuit Sentul akhir pekan lalu di kelas 150 yang melombakan kelas campuran sport dan bebek 150cc. Memacu Yamaha Jupiter MX King 150 garapan Hawadis, R Fadhil menyelesaikan race pertama di posisi keempat dan race kedua di urutan ketujuh.

Meski tidak podium, namun Fadhil secara konstan melakukan tekanan kepada para pembalap lainnya dalam dua race berlangsung. “ Saya bermain aman saja tidak terlalu ngotot memaksakan motor sambil melihat posisi pembalap lainnya yang poinny dekat dengan saya seperti Tammy dan Topan,” sebut pembalap ramah ini.

R Fadhil memastikan juara umum IP150 dengan total poin 136 meninggalkan jauh Tammy Pratama dan Rafid Topan Sucipto.”Secara poin saya sudah unggul jauh, namun kepastiannya nanti di seri terakhir Binuang nanti. Di race tadi saya mencoba menjaga motor saja biar tidak jebol,” jelas Fadhil, pembalap tim Pra PON Papua Barat. Fadhil menggapai juara berkat konsistensinya memacu MX King 150 di sirkuit Sentul, Sentul Karting, Bukit Peusar.

Hasil yang diraih Fadhil mengantarkan dominasi Yamaha sangat kuat di kejurnas balap motor tahun ini setelah di kelas Sport 250, Hendriansyah sudah memastikan juara. Gelar juara nasional yang lepas hanyalah di kelas Supersport 600, sementara di kelas bebek 125 dan 110 juga diperebutkan para pembalap Yamaha.

Meski demikian, polemik di kelas IP 150 karena menyatukan motor bebek dan sport perlu ada solusinya karena secara regulasi dan spesifikasi motor berbeda. Kelas kejurmas 150 tahun ini memang masa transisi pasca IRS dan Indoprix dilikuidasi.

Manajer motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Supriyanto yang sudah berungkali menyuarakan adanya pemisahan antara sport dan bebek memang harus dipisah. ” Sudah seharusnya kelas 150 ini dipisah antara bebek dan sport, kalau masih digabung seperti ini tentu saja ada regulasi yang akan menguntungkan salah satu pihak, ” ujar Supriyanto.

Seperti itu. Karena sekarang tiga pabrikan besar sudah memiliki model andalan di kelas 150 yakni New Honda Sonic 150R, Suzuki Satria FU dan Yamaha MX King. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here