Vee Two Ritorno, Reinkarnasi Mesin Juara Isle Of Man TT 1978

0
vee_two_ritorno_engine
Mesin Vee Two Ritorno, dalam bahasa Italia artinya kembali, berkapasitas 904cc, menghasilkan 120 daya kuda dan 84Nm. Mesin memiliki bore 88mm x stroke 74,4mm. Foto: Motorcyclist

Australia (naikmotor) – Mesin desmo V-Twin Ducati pertama berdesain SOHC bevel drive (penggerak gir cacing) berpendinginan udara digunakan oleh Paul Smart saat menjuarai kompetisi di Imola 200 1972.

Mesin kemudian digunakan Mike Hailwood pada 1978 memenangkan Isle of Man TT yang membuatnya menjadi legendaris.

Pada 1980-an kejayaan mesin memudar seiring dengan semakin popularnya mesin SOHC Pantah belt-driven (berpenggerak sabuk), yang sejak itu ribuan pembalap menggunakannya.

Sebuah perusahaan kecil di Perth Australia Barat, Vee Two Australia, telah berhasil mengembangkan kembali sebuah mesin V-Twin Desmo bevel drive berpendingin udara.

Mesin Vee Two Ritorno, dalam bahasa Italia artinya kembali, berkapasitas 904cc, menghasilkan 120daya kuda dan 84Nm. Mesin memiliki bore 88mm x stroke 74,4mm.

Mesin kini telah berhasil diproduksi di luar pabrikan mesin balap NCR, dahulu digunakan oleh Mike Hailwoid untuk memenangkan Isle of Man TT 1978. Kini dengan crankcase dan sebagian besar komponen blok dalam berbahan aluminium yang diperkuat dengan proses pemanasan. Sedangkan cover luarnya dilapisi magnesium. Kelebihannya kini semua komponen barunya bisa dipertukarkan dengan mesin bevel-drive yang ada saat ini. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here