Double Winglet Ducati di Phillip Island, Ramuan yang Tak Sia-Sia

0
Iannone-Double-Winglet-MotoGP-Australia
Double winglet ternyata terbukti lebih cocok di tipe sirkuit seperti Phillip Island. Meski hanya Andrea Iannone yang mampu mengeksplorasi kekuatan dan performa terbaik Ducati. Foto: Ducati

Phillip Island (naikmotor) – Masih ingat dengan pembahasan double winglet Ducati yang sempat kami singgung pekan lalu? Yup, seperti prediksi dalam artikel sebelumnya, bahwa double winglet lebih cocok di tipe sirkuit seperti Phillip Island, ternyata terbukti.

Meski hanya Andrea Iannone yang mampu mengeksplorasi kekuatan dan performa terbaik Ducati, namun ini tak lepas dari riset yang mereka lakukan di MotoGP Motegi, Jepang pekan sebelumnya. Apalagi dibantu power besar Ducati saat akselerasi, membuatnya makin beringas di trek lurus.

Secara fungsi dan dampak, memang tidak ada perbedaan besar yang dari penggunaan winglet tersebut. Tapi daya tekan pada bagian depan pada motor, turut membantu optimalisasi traksi roda belakang. Sehingga akselerasi berjalan lebih mulus dan maksimal.

“Saya sangat girang dengan performa yang bisa dihasilkan motor pada tipe sirkuit seperti Phillip Island. Motor ini sangat cepat dalam akselerasi di trek lurus dan itu sangat membantuku untuk bisa bertarung dengan para jawara di MotoGP,” bangga Iannone.

Setiap lap di MotoGP Australia, Iannone selalu mampu tampil bagus. Ia bisa mengejar ketertinggalannya dari pembalap yang ada di depannya. Lalu bagaimana dengan potensi kompetitifitas motor tersebut di Sepang nanti? Bisa jadi ceritanya akan berbeda. Mengingat terdapat beberapa tikungan high speed yang ujungnya adalah tikungan patah.

Di beberapa sisi bakal menguntungkan pembalap yang menggunakan motor Yamaha seperti duo pembalap teratas di klasemen yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Namun zona akselerasi dan dua trek lurus nan panjang, bakal kekuatan Honda dan Ducati. Apakah double winglet bisa kembali membantu Iannone atau rekan setimnya membawa Ducati tampil kompetitif? kita lihat saja nanti. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY