Jagoan Ducati 2016: XDiavel, Scrambler Sixty2 dan Multistrada 1200 Enduro

0
Ducati-World-Premiere-2016_1
More than Red: Black, Wild and Pop dipilih menjadi tema Ducati World Premiere 2016 tadi malam. Foto: Arif

Milan (naikmotor) – Claudio Domenicali, CEO Ducati mempresentasikan tujuh produk andalan Ducati 2016 sebelum dirilis di EICMA, Milan tadi malam (16/11/2015) pukul 22.30 WIB di ajang Ducati World Premiere 2016 .

Pada malam itu diperkenalkan 3 model baru dalam Ducati new world, yakni Cruiser World yang diwakili XDiavel, Adventure world dengan Multistrada 1200 Enduro, dan Pop world dengan model baru Ducati Scrambler Sixty2.

Ketiganya mewakili slogan More than Red: Black, Wild and Pop pada peluncurannya di Elfo Puccini Theater, Corso Buenos Aires Milan, tadi malam (16/11/2015) yang dihadiri langsung NaikMotor.com.

Seperti apa profilnya?

XDiavel

Ducati-World-Premiere-2016_11
XDiavel, cruiser model pertama Ducati berpenggerak sabuk, dan Low Speed Riding pertama yang diluncurkan dengan dibekali angka 5000,60, 40.

XDiavel, cruiser sebenarnya, menjadi model pertama Ducati berpenggerak sabuk, dan Low Speed Riding pertama yang diluncurkan dengan serius. Dibekali angka 5000,60, 40.

Prefiks X yang disandang Diavel itu menjanjikan pengendaraan cruiser sebenarnya dengan Speed, Lifestyle, Cruiser Culture dan Feet Forward yang dikemas dengan Excitement, High Technology, Italian Beauty dan Performance.

Pengendaraan low speed yang enjoyment didukung mesin baru 1.262cc V-Twin dengan Desmo Variable Timing. Mesin menghasilkan tenaga puncak 156 daya kuda dan torsi melimpah 129 Nm hanya pada putaran mesin 5.000.

Bukan hanya mesin baru itu saja yang mendukung pengendaraan low speed menjadi kasual, tetapi sosoknya pun lebih menyolok dengan kemasan yang gaya. Seperti penempatan pompa air di sela mesin V menyembunyikan pipa saluran pendinginan.

Pijakan kaki lebih maju daripada pendahulunya dan dengan 5pilihan jok dan 3stang, membuat XDiavel memiliki kombinasi ergonomika sebanyak 60.

Meski sebagai cruiser dengan berat 247 kg, XDiavel mampu menikung dengan derajat kemiringan hingga 40. XDiavel pastinya didukung oleh fitur terkini dengan Bosch Inertial Measurement Unit (IMU), yang akan mengukur sudut pitch dan roll serta kecepatan. Masukan itu akan mengatur tenaga dan attitude motor pada berbagai kondisi pengendaraan, untuk meningkatkan performa dan keselamatan berkendara.

Fitur lain Ducati Traction Control (DTC), Riding Modes, Bosch Cornering ABS, Cruise Control, dan berbagai perangkat elektronik cerdas lainnya. Sistem pengeremannya dilengkapi Brembo monoblock, khusus varian S dengan kaliper M50.

Multistrada 1200 Enduro

Ducati-World-Premiere-2016_5
Multistrada 1200 Enduro lahir untuk menerjang berbagai medan ekstrem yang didesain dengan opsi penuh inovasi

Multistrada 1200 Enduro membuka dunia baru “Wild” mengantar Ducati memasuki segmen maxi-enduro. Lahir untuk menjelajah, yang tidak terbatasi di medan apapun, Multistrada 1200 Enduro motor yang didesain dengan opsi penuh agar tetap nyaman meski  diguncang.

Sebuah maxi-enduro yang didesain secara khusus untuk menangani stress dan guncangan saat pengendaraan off road. Menggunakan pelek jari-jari ukuran 19″ di depan dan 17’’ di belakang, Multistrada 1200 Enduro menjadi sempurna untuk pengendaraan jarak jauh. Didukung pula suspensi Sachs semi elektronik aktif pada bagian depan dan belakang, dan tangki 30liter. Multistrada 1200 Enduro ‘rumah’ di berbagai medan dan tak tertehentikan dengan jarak jelajah hingga 450 km.

Multistrada 1200 Enduro dilengkapi Cornering ABS, Cornering Lights (DCL), Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC) dan sistem semi-active Ducati Skyhook Suspension (DSS) Evolution, dengan travel 200 mm sebagai standar. Selain itu dibekali Vehicle Hold Control (VHC) yang akan membantu saat mulai bergerak di trek menanjak.

Scrambler Sixty2

Ducati-World-Premiere-2016_20
Sixty2 dihadirkan dengan membawa inspirasi dari kultur jalanan anak muda, skateboard musik pop dan sebagainya

Mewakili Pop, Ducati Scrambler Sixty2 bermesin silinder L-twin 399cc, menghasilkan 41 daya kuda. Motor dengan berat 181kg itu, disebut Claudio Domenicali, CEO of Ducati Motor Holding, memasuki segmen Pop dunia baru ketiga, dalam jajaran motor baru Ducati 2016. Selain menjadi penghubung dengan “Land of Joy” Scrambler, Sixty2 bukan hanya menambah rentang model Ducati, tetapi membuka kesempatan untuk merasakan model yang mudah dikendarai dengan biaya kepemilikan yang relatif rendah.

Sixty2 dihadirkan dengan membawa inspirasi dari kultur jalanan anak muda, skateboard, jajanan kaki lima, musik pop dan sebagainya pada 1962, ketika Ducati Scrambler pertama kali diluncurkan. Itulah ikon pop yang menjiwai Scrambler.

Sixty2 berdesain segar dengan tangki baja yang langsing dengan grafik dan logo yang selaras. Membuat Sixty2 mudah dikenali. Model dihadirkan dengan 3 warna eksklusif.

Sixty2 menghadirkan nuansa klasik dan moderen dalam sosok yang anti kompromi, terjangkau dan esensial. Stang lebar, jok berukuran panjang dan nyaman, membuat posisi duduk yang relaks. Dengan ban belakang ukuran 160/60-17 dengan kembangan kotak-kotak kecil mendukung handling dan kenikmatan berkendara pada berbagai kondisi. Tak lupa dengan sistem pengremen yang mumpuni karena dilengkapi ABS. (Laporan Langsung Arif Syahbani, Wartawan naikmotor.com dari Milan, Italia)

LEAVE A REPLY

*