Honda CRF1000L Africa Twin 2016 Sapa Benua Biru

0

HondaCRF1000AfricaTwin-0`1

Milan (naikmotor) — EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) 2015 atau Milan Motorcycle Show di Milan, Italia dimanfaatkan Honda menampilkan Honda Africa Twin 2016 untuk pertama kalinya hadir di Eropa atau Benua Biru.

Hal-hal baru yang dibawa model Honda CRF1000L Africa Twin terkini, seperti basis model yang kini beralih dari XRV ke murni CRF, padahal Africa Twin disebut sebagai reinkarnasi XRV sebenarnya. Alasannya kini Africa Twin memiliki ketangguhan offroader Honda CRF. Dengan mesin baru 998cc parallel twin yang menghasilkan 94 daya kuda dan torsi 98 Nm. Dan tentu saja dengan bagian atas blok menjiplak Unicam CRF agar terlihat kompak.

Pengaruh CRF menjalar pula ke penggunaan sasis baja semi double cradle yang mirip dengan desain pada CRF45R Rally. Dipadu dengan mesin kompak membuat dimensi motor langsing. Seperti CRF, Africa Twin tampil fun, kokoh dan mampu diajak off road, tetapi Honda menekankan, model lebih dominan di aspal. Tetapi kompetitornya pun demikian, sebut saja Ducati new Multistrada 1200 Enduro.

Mesin Africa Twin mempunyai fase pengapian 270 derajat, berkarakter beda saat menghasilkan tenaga. Model memiliki jarak celah tanah 250mm dan tinggi jok 870mm, tetapi bisa diturunkan hingga 850mm. Dengan kapasitas tangki 18,8 liter jarak jelajahnya hingga 400km, sepertinya memenuhi harapan untuk rally petualangan.

Berat kosong model standar 208kg, tanpa ABS dan Dual Clutch Transmission (DCT). Kedua fitur tersebut hanya opsi.
Honda menyatakan, model ini mewarisi kemampuan go anywhere seperti kenangan pendahulunya. All-new CRF1000L Africa Twin dikemas dengan mesin parallel twin yang bertenaga dan inovatif, ringan, dan sasis kuat siap untuk bertualang baik on dan offroad, sekaligus pelintas kontinen atau hanya komuter.

Sebagai tambahan pada model standar dihadirkan dalam dua versi, pertama dengan ABS roda belakang yang bisa dinonaktifkan, dan dilengkapi multiple mode Honda Selectable Torque Control (HSTC). Versi kedua dengan Dual Clutch Transmission (dilengkapi fungsi offroad baru) dan switchable rear ABS serta HSTC.

Dihadirkan dengan fitur utama sebagai sepeda motor petualang, yakni mesin yang kuat, sasis kokoh dengan suspensi bertravel panjang, posisi duduk tegak dan stang lebar, yang menjamin fungsinya di medan tak ramah. Kepraktisan yang telah menjadi kunci kepopuleran, kenyamanan dan kemamouan adaptasi model. Baik di jalan aspal saat turing di pegunungan dan jalan raya, atau saat melibas kemacetan jalanan kota. Dan ketika diharapkan menjelajah saat petualangan sesungguhnya, model masih mampu melintas sampai jauh ketika aspal menghilang.

Titik pengembangan CRF1000L Africa Twin, menjadi tema tetap untuk mewujudkan paduan optimal antara performa offroad, kenyamanan turing dan ketangguhan. Sebuah sepeda motor yang telah ditonjolkan oleh kegunaan, ketenangan dan handlingnya baik saat onroad dan offroad, seperti XRV750L Africa Twin pendahulunya. Bukti tanda ketangguhan itu kemudian ditampilkan sepeda motor petualang masa kini. Boleh saja model kini berbagi nama tetapi tak bertukar komponen dengan pendahulunya.

Tetapi kemampuan on dan offroadnya terwariskan, dengan esensi dan semangat seperti yang dimiliki XRV750L yang telah membuatnya menjadi terkenal. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*