Suzuki GSX-R1000 Concept Serba Modern

1

SuzukiGSX-R10002016-04

Milan (naikmotor) – Suzuki GSX-R1000 Concept memiliki panggung di EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) 2015 atau Milan Motorcycle Show di Milan, Italia yang dimulai hari ini, Selasa (17/11). Superbike ini menawarkan performa dan penampilan baru.

Meski masih ditampilkan sebagai konsep tetapi kabar lain menyebutkan versi produksinya akan diluncurkan semester kedua tahun depan.

Spesifikasi lengkapnya belum dipublikasikan, Suzuki hanya menyatakan sebagai ‘most powerful, hardest-accelerating, cleanest-running GSX-R ever built,’ sebagai model yang paling kompak, aerodinamika dan handling terbaik.

Masih menurut Suzuki, konsep benar-benar baru, dengan mesin baru 999cc 4silinder segaris dan rangka aluminium. Pabrikan juga tak menyebutkan secara tegas tujuan produk hanya disebut untuk merebut mahkota raja sportbike seperti Yamaha R1 dan Ducati Panigale 1299.

Konsep dibekali kontrol traksi 10 tingkat, tiga mode daya keluaran, throttle ride by wire dengan response lembut, quickshifter, launch control dan ABS tentunya.

Seperti pada Ducati Panigale 1299 S, quick-shifter konsep memungkinkan upshift dan downshift tanpa menarik kopling, dan tanpa menutup gas. Sistem launch controlnya memungkinkan pembatasan distribusi putaran mesin dan torsi ketika pengendara masih membuka gas dan melepas kopling.

Suzuki pun menyatakan fitur pembantu pengendaranya tak memerlukan teknisi cerdas untuk paham dan tak perlu penyesuaian terus menerus melalui sekumpulan teknisi berkomputer unfuk mengerjakannya.

Mesin barunya menggunakan variable valve timing sehingga tenaga puncak tetap meningkat tanpa kehilangan di putaran menengah atau rendah. Dan mesin memiliki injektor kedua di atas air box yang beroperasi pada putaran tinggi, dan katup kupu-kupu yang dioperasikan servo pada saluran buang yang akan terbuka saat putaran tinggi.

Konsep dibekali suspensi Showa Balance Free dan shock yang dikembangkan untuk balap dan lebih konsisten dalam peredaman. Shock diklaim lebih ringan daripada pendahulunya.

Sedangkan garis bodi disebut terinspirasi dari MotoGP, dan lebih aerodinamis serta kompak dibandingkan model yang ada, lebih baik soal handling dan kecepatan puncaknya.

Sementara tangki baru dengan sosok bagian atas lebih rendah dan lebih langsing, agar pengendara bisa merunduk di belakang windscreen. Konsep GSX-R1000 dibekali indikator, lampu depan dan belakang LED. (Afid/nm)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*