Relawan Peduli Disinfektan Siap Semprot Kawasan Padat di Medan

0

NaikMotor – Penyebaran Covid-19 sudah menyebar ke berbagai wilayah termasuk Sumatera Utara. Hal ini yang membuat komunitas otomotif di Medan tergerak untuk bertindak dengan membentuk Relawan Peduli Disinfektan (RPD)  Covid-19.

Relawan Peduli Disinfektan Covid-19 dibentuk atas dasar rasa kemanusiaan. RPD diinisiasi oleh  Musa Idishah, Ketua Umum XTrim Indonesia, komunitas trail adventure bermarkas di Medan.

Musa Idishah inisiator RPD Medan

“Pakai nama RPD semata biar fokus, karena pekerjaan utama RPD adalah penyemprotan disinfektan,” tegasnya dalam press release yang diterima redaksi.

Nama RPD mulai resmi digunakan pada Senin, (6/4/2020), meski sebelumnya sudah bergerak pada (14/3/2020) tanpa identitas. Mereka bertindak dengan mengandalkan dana pribadi dari sumbangan personal.

” Awalnya adalah dari ide komunitas trail adventure XTrim Indonesia, Lembaga First Aid Indonesia Sumut dan Vertikal Resque Regional Sumut” tambah pria yang dipanggil Doddy, adik kandung Musa Rajekshah atau Ijeck Wakil Gubernur Sumut.

XTrim Indonesia dan IOF antara lain memiliki misi sama pada kegiatannya yakni memiliki tim tanggap bencana atau rescue. Mereka terlibat aktif di berbagai acara sosial termasuk di event otomotif.

Untuk itu, XTrim Indonesia dan IOF Pengda Sumut dan Pengcab Medan menggandeng lembaga atau komunitas non otomotif yang paham di soal penanggulangan bencana. Rasa kebersamaan  personil dari lembaga berbeda, yaitu persamaan tentang rasa kepedulian atas masalah kemanusiaan yang membuat berdirinya RPD.

Di antaranya adalah Vertikal Rescue Indonesia Regional Sumut, Lembaga First Aid Indonesia Sumut, Tempat Kita Peduli, Oligarki Sumut, Mapala Sumut dan Pramuka Peduli Sumut.

Masing-masing personil dan lembaga berkontribusi sesuai bidang, mulai dari tenaga ahli hingga ke urusan pendanaan.

Di antaranya, kendaraan,  tenaga penyemprot,  manual solo sprayer,  compressor sprayer steam, tenaga pelatih dan tenaga bantuan setempat. Kemudian
untuk sosialisasi Covid-19 untuk masyarakat sekitar, pengaturan dan pemeliharaan logistik bahan dan alat disinfektan, administrasi, dan tenaga pemetaan.

“Nantinya, RPD Sumut juga akan turun di setiap ada bencana alam. Seperti banjir, longsor atau gempa yang juga membutuhkan penyemprotan disinfektan,” urai Doddy yang juga aktif di organisasi Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia / PPMKI..

Hingga kini sebanyak 25 relawan dengan 4 kendaraan operasional terus melakuan penyemprotan disinfektan di wilayah Medan, Sumatera Utara.

Target utama adalah gang sempit di daerah pinggiran padat penduduk atau pemukiman warga menengah ke bawah yang masih kurang begitu disiplin di soal penerapan social distancing. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here