Yamaha MT-07 DT, Flat Tracker Kombinasi MotoGP dan WorldSBK  

0
Yamaha MT-07 DT
Yamaha MT-07 DT Flat Tracker dipacu Estenson Racing di American Flat Track. Foto: Yamaha

NaikMotor – MT-07 DT adalah motor dengan sasis khusus pada mesin Yamaha MT-07 berbasis produksi. Jadillah sosoknya sekarang menjadi tampilan flat tracker yang mengombinasikan teknologi MotoGP dari sektor sasis dan WorldSBK untuk bagian mesin. 

Tahun lalu di Pantai JD, Estenson Racing telah mengukir sejarah kemenangan balapan yang mendebarkan di Chandler, Arizona, Super TT. Kemenangan ini sekaligus pemusnah dahaga setelah puasa gelar hampir 30 tahun untuk Yamaha Twin di kelas utama American Flat Track. Ini juga menjadi permulaan dari era baru flat tracker modern, MT-07 DT.

Yamaha MT-07 DT flat track

Yamaha MT-07 DT jika dijabarkan secara sederhana adalah mesin MT-07 yang berbasis produksi namun menggunakan sasis yang dibuat khusus. Tommy Hayden, pembalap yang sudah menyabet gelar kejuaraan beberapa kali ini tengah mengepalai program untuk Tim Estenson Racing. Ia menjelaskan lebih detail mengenai apa yang bisa mereka lakukan dalam aturan kelas American Flat Track (AFT) SuperTwin.

 

“Dari sudut pandang sasis, sangat mirip dengan MotoGP, hampir semuanya adalah prototipe. Khususnya dengan motor ini, kami telah membuat spesifikasi setiap bagian sasis dengan batasan sangat sedikit sesuai aturan. Sedangkan mesinnya, saya akan bilang bahwa itu mirip dengan WorldSBK. Ini awalnya adalah mesin produksi, tetapi  pada akhirnya bagian-bagian standar itu sangat sedikit kadarnya. Kapasitas berubah, bahkan bagian-bagian yang tidak diganti tetap dimodifikasi dan diubah.”

Yamaha MT-07 DT flat track

Meskipun digeber oleh Estenson Racing ke balapan AFT, namun perkembangannya justru bukan dimulai dari sana. Ini awalnya adalah proyek yang diadakan di Yamaha Motor Corporation USA (YMUS) gagasan Manajer Divisi Balap, Keith McCarty. Setelah hampir punah karena kurang dana, flat track mulai dibangun lagi momentumnya di tahun 2015 menggunakan mesin FZ-07 saat itu.

Yamaha MT-07 DT flat track

“Hal pertama yang terjadi adalah kami mendapatkan banyak permintaan mesin untuk balap flat track,” kata McCarty. “Kami pikir kami tidak hanya bisa menjual mesin tetapi membangun beberapa bagian lainnya juga.”

Kemudian mereka mengembangkan bagian head mesin dengan bantuan dari Vance & Hines, camshaft dari Web Cam dan velocity stacks rancangan dan dibuat oleh YMUS. Untuk knalpot, mereka menguji beberapa tipe dan memilih Graves MT-07 yang memberikan kinerja terbaik. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*