Bukan Lampu Menyala Terus Yang Membuat Aki Tekor, Ini Penjelasannya 

0
aki tekor
Foto: Wahana

NaikMotor – Karena banyak yang beranggapan bahwa aki bisa tekor jika lampu dinyalakan terus menerus, Wahana pun memberikan penjelasan mengenai aki motor dan kaitannya dengan lampu.

Wahana Honda memberikan penjelasan mengenai rumors yang mengatakan bahwa nyala lampu motor secara terus menerus bisa membuat aki cepat habis. Wahana menyebutkan bahwa lampu tidak berkaitan dengan cepat tekor atau tidaknya aki motor. Aki sendiri berfungsi sebagai tempat menyimpan arus 1 arah di mana untuk mengisi arus dapat diperoleh dari generator atau spull. Dalam aki terdapat sistem berpola charge dan recharge.

Aki langsung bekerja secara otomatis saat mesin motor dan lampu dihidupkan, dan saat itu aki terus menerus menyuplai arus listrik ke komponen lain termasuk lampu dan arusnya sendiri juga terus diisi oleh generator agar tetap seimbang. Misal lampu putus saat motor dinyalakan, bisa jadi karena adanya pengaksesan idle atau rpm yang cukup tinggi secara mendadak.

Dengan penjelasan tersebut, bisa dibilang bahwa meski lampu ada kaitannya dengan aki, pemahaman dan persepsi bahwa menyalakan lampu secara terus menerus bisa membuat aki soak adalah tidak benar, karena selama arus pada kumparan terus terisi dengan penuh dan seimbang, maka lampu yang dinyalakan sesering mungkin pun tidak menjadi masalah.

Ditambah lagi saat ini kebanyakan motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan Auto Headlight On (AHO) yang bisa membuat lampu langsung menyala saat kunci diarahkan ke posisi On.

Penyebab aki mudah tekor antara lain adalah karena penggunaan alarm pada motor yang membuat daya aki tersedot cukup besar, lalu bisa juga karena modifikasi yang berlebihan, seperti penambahan lampu-lampu aksesori dan sejenisnya yang membutuhkan daya besar dan secara langsung mengurangi daya aki. Selain itu, penyebab lainnya juga bisa karena terjadi korsleting pada motor, dan terakhir karena motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama namun kabel konektor menuju aki tidak dilepas sehingga listrik terus mengalir dan bekerja.

Wahana juga menyarankan untuk tetap menyalakan lampu di siang atau malam hari, karena selain untuk mematuhi peraturan lalu lintas, untuk motor berjenis injeksi justru jika tidak menyalakan lampu, aki akan terkena imbasnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here