AOP: Begini Cara Merawat Aki Motor Honda Scoopy

0
Cara Merawat Aki Motor
AOP bagikan tips cara merawat aki sepeda motor. Foto: Astra Otoshop

NaikMotor – Jadi salah satu komponen yang memegang peranan penting pada sepeda motor, Astra Otoparts (AOP) bagikan cara serta langkah merawat aki agar tidak mudah soak. 

Agar aki sepeda motor yang memiliki peranan penting terhadap kelistrikan kendaraan tidak gampang soak atau mengalami gangguan, AOP membagikan informasi mengenai lima cara merawat aki motor, terutama Honda Scoopy di situs resmi mereka. Lantas, bagaimana tipsnya?

  • Jangan pakai aksesori tambahan

Menggunakan aksesori tambahan pada motor, apalagi yang tidak disarankan pabrikan. Penambahan atau perubahan aksesori seperti menambah jumlah lampu, membuat perangkat audio, atau mengganti tipe klakson motor dengan yang bukan standarnya justru bisa membuat aki jadi cepat soak.

  • Cek kondisi kiprok (rectifier regulator)

Arus listrik yang masuk ke aki motor harus sesuai, tidak boleh kurang atau lebih. Untuk itu, dibutuhkan kiprok atau rectifier regulator. Kiprok adalah suatu komponen kelistrikan yang memiliki dua fungsi, yaitu rectifier (pengubah arus) dan regulator (pengatur arus), serta berfungsi sebagai penstabil arus dan tegangan dari alternator sebelum masuk ke aki. Bila sistem kelistrikan bermasalah, mungkin kiprok motor sudah tidak mampu mengalirkan listrik ke aki.

Bila ada indikasi seperti lampu motor yang mulai redup atau tidak stabil saat menyala, kemungkinan yang terjadi adalah kondisi kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti dengan yang baru.

  • Cek dan bersihkan permukaan katup aki

Aki kering atau yang biasa disebut Maintenance Free (MF) memiliki valve atau katup untuk mengembalikan cairan yang menguap ke dalam aki. Biasanya, katup ini memiliki kotoran yang mengakibatkan penyumbatan, sehingga proses penguapan aki kering menjadi terganggu. Agar terhindar dari masalah ini, permukaan katup aki harus secara rutin dibersihkan.

  • Cek kondisi kedua terminal aki

Terminal aki berfungsi untuk mengalirkan energi listrik kepada komponen yang membutuhkan daya. Jika di terminal aki ada kerak, segera bersihkan dengan cairan khusus penghilang kerak. Lalu, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya. Tapi hati-hati, ya, jangan sampai terminal aki rusak. Jika tidak yakin, minta bantuan ke ekanik profesional di bengkel resmi.

  • Cek kebocoran aki

Jika ada kebocoran aki, segera ganti aki motor dengan yang baru demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Cara Merawat Aki Motor

Sekarang, membeli aki sudah tidak perlu keluar rumah karena bisa didapatkan dengan mudah di astraotoshop.com. Website resmi Astra Otoparts ini menyediakan aki dengan kualitas terbaik, seperti MF GTZ5S dari GS Astra dan Aspira Battery serta MF GTZ5S-KIT dari Federal, di mana ketiga jenis aki tersebut dikhususkan untuk motor Honda Scoopy.

Selain aki, AstraOtoshop juga menyediakan sparepart lain yang kualitasnya diyakini terbaik dan harga yang relatif terjangkau. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here