Beberapa Presiden Indonesia Memilih Moge Menjadi Motor Kesayangannya

0
473
sepeda motor presiden RI
Presiden Soeharto dan BJ Habibie sedang mengendarai motor Jatayu. Foto: Istimewa

NaikMotor – Beberapa Presiden Indonesia memilih moge sebagai motor kesayangannya. Sepeda motor Presiden RI itu selain mengusung kapasitas mesin besar, desainnya juga tak lekang oleh waktu.

Selain sibuk mengurusi keberlangsungan negara, ternyata Presiden Indonesia juga punya tunggangan untuk dinikmati di kala waktu santai. Berikut deretan sepeda motor Presiden RI. Motor-motor koleksi presiden ini juga pernah dipajang di acara Telkomsel IIMS 2019 lalu hasil kurasi Ananda Onesh, selebritas yang dikenal sebagai pengila sepeda motor.

 

sepeda motor presiden RI
Suzuki VS 400 Intruder milik Presiden Soeharto.

Jenderal Besar TNI (Purn.) H.M. Soeharto

Presiden yang punya masa bakti paling lama ini dikenal sebagai salah satu Presiden RI yang memiliki beberapa hobi, diantaranya adalah otomotif. Salah satu yang melegenda di kalangan pecinta motor adalah motor jenis Jatayu yang memiliki sidecar namun ada juga satu foto ketika beliau dibonceng B. J. Habibie (ketika itu menjabat Menristek) berkeliling istana dan kemudian mencoba mengendarainya sendiri.

Namun banyak orang salah kaprah menganggap motor yang dinaiki beliau adalah jenis Harley-Davidson, padahal salah satu motor koleksi milik Presiden Soeharto tersebut adalah Suzuki VS 400 Intruder. Motor ini masih tersimpan rapi di Tigrehood, store milik Omesh di Jl.Puri Sakti No.26B Cipete, Jakarta Selatan.

sepeda motor presiden RI
Presiden B.J Habibie dengan Harley Davidon jenis Bad Boy dengan basis Springer Softail. Foto: Istimewa

BJ Habibie

Motor Kesayangan BJ Habibie adalah Harley Davidson jenis Bad Boy dengan basis Springer Softail dengan kapasitas mesin 1.340 cc. Motor tersebut sempat dipajang di Museum Bank Mandiri Jakarta pada pameran “Cinta Sang Inspirator Bangsa Kepada Negeri.”

Dari keterangan foto di Museum Bank Mandiri, jatuh cintanya Habibie terhadap motor besar adalah karena saran dari dokternya yang mengatakan bahwa guncangan ketika mengendarai motor besar baik untuk penyembuhan jahitan tubuhnya setelah operasi jantung.

Harley Davidson Road Glide Screaming Eagle lansiran 2004.milik Preiden SBY.

Jenderal (HOR.) TNI (Purn.) Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono GCB AC

Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga terdapat dokumentasi fotonya bersama motor Harley-Davidson, meski kami belum mengetahui informasi kepastian kepemilikan motor tersebut, apakah punya SBY atau milik kerabatnya yang hanya dinaiki SBY. Harley-Davidson yang dinaiki SBY berjenis Road Glide Screaming Eagle lansiran 2004.

Jokowi
Royal Enfield Bullet 350 hasil modifikasi Elders Garage milik Presiden Jokowi. Foto: Gilang

Ir. H. Joko Widodo

Motor pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbeda dengan Presiden sebelum-sebelumnya. Yup, motor pilihan Jokowi adalah motor dengan kapasitas mesin yang tidak besar yaitu Royal Enfield Bullet 350.

Motor milik Jokowi sudah berubah bentuk alias full modifikasi sehingga harus kembali di uji tipe. Motor tersebut dibeli Jokowi dari rumah modifikasi Elders Garage yang berkolaborasi dengan Kick Ass Chopper seharga Rp 140 juta.

jokowi
Presiden Jokowi motoran naik Chopperland di Pelabuhan Ratu.Foto: Chopperland

Perihal spesifikasi, Royal Enfield Bullet mengusung mesin 346 cc 1 silinder dengan busi ganda yang dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan, kapasitasnya memang jauh bila dibanding motor-motor Presiden sebelumnya. Motor ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 19,8 dk dengan torsi 28 Nm.

Selain Royal Enfield, Jokowi juga punya motor custom berbasis Kawasaki W175 yang sidah dicustom oleh Katros Garage dan beberapa kali digunakan seperti acara Jabar Kondusif di Bandung serta saat meninjau jalan Trans Kalimantan tahun lalu. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*