Wahana: Jangan Lakukan Hal Ini Agar Motor Tidak Cepat Rusak!

0
motor rusak
Foto: Wahana/Google

NaikMotor – Wahana Honda mengajak pemotor teliti dalam memperlakukan sepeda motornya. Kesalahan perlakuan baik disengaja maupun tidak, bisa membuat motor rusak. 

Wahana Honda mengajak motoris untuk lebih teliti dan hindari beberapa hal yang terlihat sepele rupanya bisa membuat motor tidak berada dalam kondisi prima dan bisa berakibat fatal ke depannya. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Menunda isi angin
    Motor bisa jadi kurang stabil saat melaju kencang dan ban terasa aneh. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya tekanan angin di ban. Meski motor masih bisa digunakan karena bannya memang tidak bocor, tetapi jika terus dipakai, ban dalam motor akan mudah terkoyak dan velg-nya jadi rawan bengkok.
  • Memakai bensin oplosan
    Bensin eceran kebanyakan bukan bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain. Niatnya ingin hemat, tapi motor malah bisa jadi rusak. Jika terus memakai bensin semacam tersebut, menurut Wahana, bagian mesin motor akan mudah rusak dan mengalami korosi. Jadi, sangat disarankan untuk membeli bensin di SPBU saja agar motor lebih awet.
  • Mencuci motor di bawah terik matahari
    Jika motoris mencuci motor di bawah terik matahari dengan tujuan agar motor jadi lebih cepar kering, sebaiknya jangan dilanjutkan. Rupanya, hal tersebut bisa membuat warna body menjadi belang, terlebih lagi jika sabun yang digunakan bukan sabun/sampo khusus motor.
  • Memakai sparepart palsu
    Walau harganya jauh lebih terjangkau dan penjual pun mengklaim bahwa kualitasnya tidak berbeda jauh dengan yang asli, tanpa disadari, motor jadi lebih mudah rusak dan akhirnya malah akan menguras kantong lebih dalam untuk reparasi. Jadi NaikMotor menyarankan untuk tetap menggunakan sparepart orisinal saja, ya! Walau harganya lebih mahal, tapi demi kebaikan motor kesayangan dan kantong anda juga. Hehehe…

Nah, itu tadi beberapa kesalahan yang tanpa disadari bisa merusak motor menurut Wahana. Sebaiknya, hindari hal-hal di atas agar motor anda bisa tetap prima kondisinya dan berkinerja baik. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here