Pentingnya Spion Sepeda Motor untuk Berkendara Aman

0
spion sepeda motor
Spion sepeda motor tidak sekedar ada, tetapi demi keselamatan berkendara. Foto: motorcyce central

NaikMotor – Bagi beberapa pengendara keberadaan spion sepeda motor masih sering disepelekan. Tak jarang hanya sekedar ada, bahkan ada yang melepasnya.

Padahal spion sepeda motor didesain agar pengendara dapat mengawasi kondisi sekitarnya dengan mudah. Tentunya spion harus terpasang dan diatur dengan tepat.

spion sepeda motor masih sering disepelekan

Sehingga dapat terhindar dari risiko tersenggol kendaraan lain saat berpindah lajur misalnya. Selain itu, pengendara bisa lebih waspada terhadap kejahatan. Misalnya jika diikuti kendaraan yang mencurigakan gerak-geriknya.

Kaca spion sudah didesain dengan spesifikasi dan model tertentu untuk setiap tipe sepeda motornya, rata-rata spesifikasi spion memiliki tinggi 75 – 80 mm dan lebar 130 – 140 mm sedangkan tinggi tangkai dari grip berkisar 10 – 13 cm. Selain itu jenis kaca pada spion juga dirancang sedemikian rupa agar visibilitas ke arah samping dan belakang lebih luas, dengan penerapan kaca cembung.

“Tentunya penyesuaian spion harus dilakukan setelah pengendara mendapatkan posisi berkendara yang paling tepat dan baik,” ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*