Wahana: Ini Postur Berkendara yang Baik Mulai dari Atas Sampai Bawah 

0
Postur Berkendara
Ini dia postur berkendara yang baik menurut Wahana Honda Motor. Foto: Wahana

NaikMotor – Wahana Honda membagikan tips dan informasi seputar postur berkendara yang baik agar pengendara merasa nyaman dan aman saat menunggangi roda dua kesayangannya. 

Wahana Honda memberikan informasi mengenai postur saat mengendarai sepeda motor lengkap dari bagian tubuh atas sampai bawah agar nyaman dan aman di jalan. Berikut ini adalah postur berkendara yang disarankan oleh Wahana:

  • Mata
    Pastikan pandangan mata lurus ke depan, lalu perhatikan jalan dengan baik agar jarak pandang lebih luas dan bisa melihat kondisi jalan dengan lebih baik.
  • Bahu
    Usahakan bahu dan pundak untuk rileks atau santai agar bisa berkendara dengan lebih nyaman.
  • Siku Tangan
    Untuk bagian ini, sebaiknya siku sedikit ditekuk agar motoris bisa memegang setang motor dengan lebih baik dan nyaman.
  • Tangan
    Pastikan tangan nyaman saat memegang setang, serta bisa menjangkau semua kelengkapan penting seperti rem, klakson, starter, lampu sein, dan lainnya karena semua fitur tersebut hanya bisa dioperasikan dengan tangan.
  • Pinggul
    Selanjutnya, usahakan duduk di posisi paling nyaman dan pastikan jaraknya tidak terlalu dekat atau jauh dari setang. Hal ini sangat penting agar pengendara bisa mengoperasikan setang kemudi, rem, dan persneling dengan mudah.
  • Lutut
    Postur tubuh yang baik pada bagian lutut cukup berbeda, tergantung pada motor yang dipakai. Untuk motor tipe sport maka lutut sebaiknya menekan tangki bahan bakar. Sedangkan untuk motor bebek dan matik tidak diposisikan lurus dan jangan melebar karena dapat menghalangi jalur pengendara lainnya.
  • Kaki
    Terakhir, postur kaki. Pastikan kaki dapat menyentuh aspal atau lantai saat berhenti. Selain itu, usahakan kaki selalu nyaman ketika menginjak pedal rem dan persneling.

Itu tadi adalah 7 postur berkendara yang baik dan benar seperti yang dijelaskan oleh Wahana. Dengan mengetahui dan menerapkan hal-hal di atas, maka Anda telah berperan dalam menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri maupun orang lain saat berada di jalan raya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY