Ini Skuter Listrik Kymco yang Bakal Diboyong ke Indonesia

0
Kymco AGility EV
Skuter listrik Kymco Agility EV. Foto: kymco

NaikMotor – Ada kabar Kwang Yang Motor Company (Kymco) berniat membawa skuter listrik ke Indonesia. Pasalnya secara global, Kymco telah berkerja sama Grab Asia, salah satunya model Kymco Agility EV.

Salah satu sumber Kymco Indonesia, saat peluncuran Kymco GP125 dan X-Town250, (13/7/2020) menyebut. “Jika mengikuti progress Kymco Global, memang kendaraan listrik menjadi produk masa depan global. Bahkan, pengembangannya akan bersama operator ojek online. Salah satu modelnya Agility EV.”

Kymco Agility EV

Sumber lainnya memaparkan, “Secara internal kami sudah mempertimbangkan untuk memasukkan model skuter listrik, katakan saja Like EV. Tetapi semua bergantung kepada infrastruktur yang tersedia di Indonesia. Mulai dari kemudahan dokumen hingga stasiun pengisian listrik atau swap battery.”

Di Taiwan, dengan Kymco sebagai pabrikan EV terbesar ke-2, infrastruktur didukung Pemerintah. Seperti dengan tersedianya stasiun baterai swapable hampir tiap 1 km misalnya. Jadi untuk itu pihak Kymco Indonesia akan menunggu perkembangan lebih lanjut sambil tetap menjajaki pihak-pihak yang lebih kompeten.

Kymco Agility EV

“Sehingga sebagai langkah awal kita akan bekerja sama dengan operator transportasi online untuk memasukkan model lebih kecil untuk sistem skuter sharing yang mereka kelola. Tetapi soal kapan kita masih berdiskusi dengan pihak terkait.”

Sementara itu awal tahun ini, Kymco Taiwan dan Grabwheels Singapura telah berpartner untuk menggunakan Kymco EV sebagai personal transport. Grab mengucurkan dana sekitar Rp 450 Miliar untuk keperluan produksi EV itu yang akan digunakan di negera-negara tempat beroperasinya di Asia Tenggara. Selain itu tujuannya untuk mempercepat penggunaan EV di Asia Tenggara. Basis penggerak listrik yang dikembangkan adalah Ionex EV, dengan menggunakan berbagai platform model skuter berbahan bakar minyak. (Afid/nm)

Kymco Agility EV

Spesifikasi Kymco Agility EV
Engine Location Rear wheel
Engine power 2000 watts
Engine couple 70 Nm
Max speed 45 km / h
Battery capacity 1.3 kWh
Battery Info Lithium-ion 50 V – 13 Ah – Up to two removable batteries
Autonomy 50 to 70 km

Kymco Agility electric cycle info
Wheels :
Brakes Front: 180 mm hydraulic discs / Rear: drum
Tires FR: 110/70-12 RR: 110/80-12
Saddle Height 785 mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here