Claudio Domenicalli: Ekspansi 9 Model Baru, Strategi Ducati 2016

1
Claudio_Domenicali-CEO-DUCATI-9-Model-2016
CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicalli ingin mengulang sukses di 2015 dengan meluncurkan 9 model baru Ducati 2016. Foto: Arif

Milan (naikmotor) – Tahun depan Ducati akan memasarkan 9 motor Ducati terbaru sekaligus. Ducati Scrambler Italia Independent adalah model terakhir yang diluncurkan di ajang pameran seni kontemporer Art Basel di Miami (6/12/2015).

Model baru Ducati 2016 menyasar berbagai kalangan, mulai naked bike, penggiat adventure, penyuka desain klasik hingga penggemar kecepatan Superbike. Kesembilan tersebut adalah Ducati XDiavel, Ducati Scrambler Sixty2, Ducati Sixty2 Flat Track Pro, Ducati 959 Panigale, Ducati Multistrada 1200 Pikes Peak, Ducati Multistrada 1200 Enduro, Ducati 939 Hypermotard, Ducati Monster 1200 R dan Ducati Scrambler Italian Independent.

Dalam kesempatan wawancara di peluncuran motor anyar Ducati 2016 di Ducati World Premiere 2016 dan EICMA Milan 2015 (16-17/9/2015) lalu, CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicalli mengatakan bahwa Ducati ingin mengulang prestasi 2015.

“Hingga 10 November lalu, Ducati berhasil menjual 50.000 unit motor Ducati di seluruh dunia. Ini baru pertama kalinya terjadi dalam sejarah Ducati,” ujar Claudio.

Menurut Claudio, ke depan pasar motor premium akan terus berkembang di seluruh dunia hingga membuat Ducati bersiap dengan 9 motor baru yang segar sekaligus. “ Jadi, kami rasa kami akan tumbuh dengan baik tahun depan,” jelasnya.

Claudio_Domenicali-CEO-DUCATI-9-Model-2016_1

Claudio mengatakan Ducati tidak perlu merasa khawatir jika motor-motor Ducati semakin banyak di jalan. “Soal ekslusivitas merek, kami tidak takut citra merek Ducati sebagai motor premium akan rusak. Sebab kami kami tidak menurunkan harga sehingga motor akan tetap menjadi motor premium. Kami tidak akan menjual motor dengan murah,” tegasnya.

Selain itu Ducati juga tidak akan membuat motor di bawah spesifikasi mereka. Contohnya, motor-motor satu silinder dengan kapasitas silinder di bawah 400 cc. “Semua motor Ducati minimum dua silinder semua. Motor kami dikerjakan dengan sempurna serta taste yang bagus. Jadi Ducati dibuat untuk orang-orang yang ingin motornya benar-benar spesial,” jelas Claudio.

Dia mencontohkan motor Ducati Scrambler yang saat ini begitu digemari. Menurut dia, Ducati Scrambler kini merupakan penjualan terbanyak motor Ducati. Hampir 15.000 unit motor beraliran retro Ducati Scrambler dimiliki konsumen di seluruh dunia. Namun motor ini sangat eksklusif karena memang dibuat khusus oleh Ducati.

Soal pemasaran Ducati Scrambler, Claudio mengakui terkejut karena mendapat respons positif dari negara-negara yang tidak diprediksikan sebelumnya. “Cina dan Jepang yang paling booming. Jadi saya rasa itu adalah kombinasi antara budaya, sejarah, persepsi dari sejarah tadi. Contohnya saya sangat terkejut dengan apa yang terjadi di Cina, kami sudah menjual semua motor untuk pengiriman bulan Februari,” ujarnya

“Di Cina jade big hit, Jepang juga, super big, super strong,” jelas Claudio. (Arif/nm)

Ducati-World-Premiere-2016_30

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here