Kendaraan Multiguna AMMDes Dukungan Astra Mulai Diekspor

0
KMW-AMMDes Diekspor
Ekspor perdana KMW-AMMDes produksi Citeureup, Bogor, (24/8/2020). Foto: istimewa

NaikMotor – PT Senantiasa Makmur (SM) melalui PT Repindo Jagad Raya (RJR) mengekspor KMW-AMMDes yang diproduksi oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) ke Nigeria, (24/8/2020). KMW-AMMDes diekspor itu produk Citeureup, Kabupaten Bogor.

Saat ini aplikasi KMW-AMMDes yang telah diekspor terdiri dari KMW-AMMDes Paddy Husker (Pengupas Padi), KMW-AMMDes Cassava Grinder (Penepung Singkong), dan KMW-AMMDes Garri Processor (Pengolah Garri). Ke depannya proses ekspor ini akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Seremonial ekspor perdana ini disaksikan secara langsung oleh Direktur Utama RJR Dra. Ritha Ermuliana Manik, MM sebagai eksportir, Presiden Direktur KMWI Reiza Treistanto, dan Direktur SM Rio Sanggau. “Kami merasa bangga dengan diekspornya KMW-AMMDes ke Nigeria. Hal ini menjadi bukti bahwa produk dalam negeri hasil karya anak bangsa juga diminati di luar negeri. Terlebih dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, KMW-AMMDes semakin dibutuhkan di sektor pertanian dan perkebunan berskala besar,” ujar Ritha Ermuliana Manik sesaat setelah prosesi pelepasan unit ekspor berlangsung.

KMW-AMMDes Diekspor

Salah satu unit KMW-AMMDes diekspor adalah unit dengan aplikasi Garri Processor (Pengolah Garri – ”Garri merupakan makanan pokok di Nigeria yang terbuat dari singkong”). Unit dengan aplikasi ini merupakan bukti nyata KMW-AMMDes sebagai alat mekanisasi yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi dan disesuaikan dengan berbagai kebutuhan yang ada.

Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) produk Kiat Mahesa Wintor (KMW), yang diresmikan Jokowi di GIIAS 2018 dikembangkan perusahaan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), anak perusahaan Astra Otoparts, Tbk di Delta Silicon 3, Cikarang, Bekasi. Produk kendaraan desa yang disesuaikan untuk keperluan dan mobilitas medan pedesaan itu diklaim lebih optimal dalam tingkat kandungan komponen dalam negeri.

Saat ini, industri dalam negeri telah mampu memproduksi sebanyak 185 jenis komponen atau 70% dari seluruh komponen yang dipakai oleh AMMDes. Produk akan diproduksi massal pada Agustus 2018. Di antaranya unit KMW-AMMDes Ambulance Feeder pada bidang kesehatan dan unit KMW-AMMDes Pemadam Kebakaran untuk kegiatan tanggap darurat. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here