Resmi, Balapan ARRC 2020 Batal Karena Pembatasan Perjalanan

0
ARRC 2020 Batal
FIM Asia Road Racing Championship 2020 resmi dibatalkan. Foto: Asia Road Racing

NaikMotor – Asia Road Racing Championship (ARRC) 2020 resmi batal karena pembatasan perjalanan akibat pandemi Covid-19. Promotor pun menjanjikan acara yang lebih hebat untuk tahun depan. 

Penyebab dibatalkannya Asia Road Racing Championship (ARRC) 2020 rupanya karena banyak tim dan pembalap internasional yang tidak bisa datang ke tempat diselenggarakannya balap karena prosedur karantina dan pembatasan perjalanan dan perbatasan.

Two Wheels Motor Racing selaku promotor seri bersama FIM, tim, dan para pembalap rupanya telah menyepakati keputusan untuk membatalkan ARRC edisi tahun ini. ARRC 2020 yang batal merupakan kejadian pertama kalinya dalam 25 tahun sejarah di mana musimnya tidak bisa berlangsung.

Krisis kesehatan global saat ini tentunya menjadi sumber kekhawatiran dengan perjalanan lintasnegara yang sebagian besar juga dibatasi berdasarkan aturan pemerinthannya. Ron Hogg selaku Direktur Two Wheels Motor Racing mengungkapkan mereka telah berusaha mencari jalan lain, namun kondisi sekarang memang tidak memungkinkan.

“Kami telah mengupayakan semua kemungkinan untuk menyatukan semua orang setidaknya untuk beberapa putaran lagi guna memenuhi persyaratan minimum untuk mendeklarasikan juara 2020,” tuturnya dalam pernyataan resmi, (9/9/2020).

“Sayangnya, tanpa prospek deregulasi pembatasan imigrasi pada pengunjung yang terlihat, kami tidak punya pilihan selain mengumumkan pembatalan musim 2020.”

“Dengan tidak adanya kemungkinan untuk melanjutkan musim, ini secara efektif membuat Kejuaraan 2020 batal dan tidak ada juara yang akan diumumkan untuk tahun ini.”

Tak sampai di situ, Ron Hogg juga menyampaikan permintaan maaf mereka dan mengungkapkan rasa terima kasih, serta mengumumkan mereka tengah merencanakan sesuatu yang lebih hebat tahun depan.

“Kami menyampaikan permintaan maaf dan penyesalan kami kepada semua penggemar balap Asia yang telah menantikan dimulainya seri yang dijadwalkan ulang. Kami juga menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada para pemangku kepentingan yang terlibat, terutama para sponsor dan mitra sirkuit kami. Kami berterima kasih kepada semua pihak atas pengertian dan kerja sama yang baik. Sementara itu, yakinlah, Two Wheels Motor Racing merencanakan musim yang hebat di tahun 2021,” tutupnya.

Presiden FIM Asia, Stephan Carapiet mengatakan: “Pembatalan FIM Asia Road Racing Championship 2020 memang sangat mengecewakan, namun kami harus menerima keputusan dari berbagai negara terkait undang-undang nasional untuk persyaratan karantina yang memperhitungkan langkah-langkah keamanan bagi kesehatan masyarakat secara umum.”

“Di masa-masa sulit ini, saya ingin berterima kasih kepada semua upaya yang dilakukan oleh promotor Two Wheel Motor Racing. Mari kita nantikan comeback di tahun 2021. Sementara itu, saya berharap semua orang terus aman,” jelasnya lewat surat yang dirilis langsung oleh pihak ARRC. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY