Ketika Vagabund Menyihir BMW R100R

0
BMW-R100R-by-Vagabund
Rumah modifikasi Vagabund Austria mengubah BMW R100R menjadi sangar dengan tampilan dua kombinasi cafe racer dan scrambler. Foto: ottonero

Austria (naikmotor) – Ketika tourer BMW R100R diluncurkan 1991 banyak yang memandangnya aneh karena desainnya. Sebab dengan hadir dengan desain fairing tanggung dan windshield dilengkapi juga dengan side box berdesain kotak.

Berbalikan dengan desain blok mesin boxernya, kop mesin membulat. Padahal pada masanya, selain desain cenderung tertutup, blok mesin pun dirancang kotak dan konfigurasinya inline.

BMW memang sedang mencoba desain retro pada waktu itu. Seperti kembali ke desain 1950-an. Meski sentuhan modern pun banyak seperti suspensi Showa dan sistem rem dengan kaliper delapan piston buatan Bosch serta cakram floating.

Mesin disuplai karburator Bing 40mm, dan pembakaran emisi afterburner, tetapi masih bisa dijejali dengan perangkat diagnostik elektronik. Dan mesin pun menjadi boxer yang paling maju dalam 69 tahun sejarah BMW.

Secara awam, mesin flat twin opposite horizontal atau boxer mempengaruhi desain motor menjadi retro. Nah, di tangan Vagabund, workshop custom Austria yang baru saja berdiri, R100R disulap menjadi berparas kombinasi cafe racer dan scrambler .

Filosofi desain mereka sederhana sebenarnya, mengangkat esensi dan sihir sepeda motor klasik. Kemudian dikreasi menjadi bagian seni yang unik.

Menilai hasilnya pada BMW R100 R tersebut tampaknya Vagabund bekerja dengan sempurna. Bahkan memandang dari jauh pun motor ini spesial. Setiap guratan jelas, setiap sudutnya saling menyempurnakan.

Tangki dengan two tone perlu digaris bawahi, secara sempurna menonjolkan ruang di bawahnya. Soal mesin setiap sirip yang tampil keperakan, dari header ke blok, menampilkan tingkat pengerjaan yang biasa ditampilkan veteran industrialis.

Lampu utama dan bagian belakang hal lain yang menonjol. Knalpot yang halus, dan spion yang diletakkan pada garpu tampak eksentrik.

Vagabund telah menemukan gayanya. Dan mereka telah memulainya. (Afid/nm)

Catatan BMW R 100 R “Classic” Standar
Masa Produksi 1991-1996
Model Tourer
Klasse    Motorrad
Mesin silinder ganda 4 langkah Boxer berpendinginan udara
Kapasitas 980cc
Tenaga 60 daya kuda @ 6.500 rpm
Torsi 76 Nm @ 3.750 rpm

LEAVE A REPLY

*