First Ride Suzuki NexII Crossover, Skuter Matik Allroader Kompromi

0
First Ride NexII Crossover
Suzuki NexII Crossover skuter matik kompromi untuk offrroad ringan. Foto: istimewa

NaikMotor – Model skuter matik bergaya adventure bebasis Suzuki NexII dihadirkan sebagai allroader kompromi. Begini hasil first ride NexII Crossover itu.

Saat diberi kesempatan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menjajal skuter matik pertama Suzuki itu tentu tidak disia-siakan, (2/12/2020). Lokasi tes sekitar Sentul City dan Jalan Puncak 2 yang masih dalam tahap awal pembangunan.

First Ride NexII Crossover

Venue cukup pas dan lengkap untuk first ride NexII Crossover. Sebab meliputi jalan aspal mulus, beton, jalan menanjak/menurun, jalan tanah, aspal lepas, beberapa obstacle dan sedikit kubangan.

Secara desain NexII Crossover, masih membawa banyak garis desain NexII standar. Hanya saja kini dengan stang telanjang dan lebar, spidometer full digital baik kecepatan, jarak tempuh, indikator bahan bakar, aki, mesin dan jam.

First Ride NexII Crossover

Posisi duduknya pun masih seperti NexII standar, hanya posisi genggaman tangan kini sedikit lebih tinggi, dan lebar. Imbasnya, kemudi lebih ringan, dan pengendalian lebih mudah. Sementara jok lebih empuk dan lengket.

Respon tenaga dan torsi masih sama dengan NexII standar. Mudah meraih kecepatan 60 km/jam, dan sepertinya itu kecepatan cruising NexII. Ketika skuter ini meluncur tenang, kebisingan tertinggal di belakang, harshness teredam shockabsorber. Sutisna Senjaya, Marketing and Logistic 2W PT SiS. “Tidak ada perubahan soal mekanikalnya jadi secara performa akan sama dengan NexII standar.”

First Ride NexII Crossover

Rupanya respon suspensi Crossover masih mirip NexII standar di jalan mulus, mengayun. Boleh jadi sisi preload peredaman didesain untuk pengendara dengan berat badan di bawah 60 kg. Tetapi rebounce shock belakang terasa lebih cepat, seperti saat melalui polisi tidur.

Namun, performa shockabsorber demikian sepertinya untuk kompromi di jalan tak rata. Jadi, motor bisa dipacu cepat di jalan tanah, dan tak perlu berdiri seperti jika dengan dirtbike. Memaksa berdiri saat berkendara juga agak repot, sebab desain bodi Crossover ini lebar khas skuter dan titik berat cenderung di belakang, posisi kaki menjepit jok hampir tidak mungkin dilakukan.

First Ride NexII Crossover

Titik berat di bawah belakang juga membuat ancang-ancang saat melalui obstacle berbeda, badan harus dicondongkan ke depan sambil tetap duduk. Kalau tidak, roda depan mudah terangkat dan skuter jadi liar.

Sebagai skuter matik dengan gaya adventure, tentu perlu disadari soal habitat yang cocok buat Crossover ini, yaitu buat offroad ringan atau allroad saja. Mengingat ground clearancenya secukupnya, 150 mm, bodi lebar, dan ban dual purpose sudah menunjukkan posisinya sebagai allroader yang pas. (Afid/nm)

Plus:
1. Ground clearance tinggi.
2. Desain body ramping.
3. Performa.

Minus:
1. Preload suspensi.

Spesifikasi Suzuki NexII Crossover

Mesin silinder tunggal SOHC, 113 cc, 2 katup, berpendinginan udara paksa (fan)
Tenaga 9,1 daya kuda pada 8.000 rpm
Torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm
Induksi bahan bakar Injeksi
Transmisi CVT

Sistem starter elektrik dan engkol
Dimensi panjang 1.890 mm x lebar 765 mm x tinggi 1.055 mm

Ban IRC GP-5 ukuran 80/90-14 di depan dan 90/90-14 di belakang, tubeless
Kapasitas Tangki 3,6 L
Berat kosong 94 kg

Fitur: digital speedometer, easy start system,

Harga (OTR Jakarta) Rp 17,9 juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here