Wahana: ini Dia Beberapa Macam Penyebab Ban Motor Bocor Halus

0
208
Penyebab Ban Bocor
Ada berbagai faktor penyebab ban motor bocor halus, salah satunya karena ban sudah tidak prima. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Sebagai salah satu dari sekian banyak masalah yang mungkin bisa menimpa kapan pun dan di mana pun, ini beberapa penyebab ban motor bocor halus menurut Wahana Honda

Faktor internal kendaraan maupun eksternal seperti kondisi permukaan jalan rupanya bisa mempengaruhi kondisi ban motor dan berujung menjadi bocor halus. Untuk kasus ini, biasanya tidak terlalu menonjol, sehingga jika ban sudah semakin kempes atau bahkan kehabisan tekanan angin, baru pengendara menyadarinya.

Kali ini, Wahana Honda membagikan informasi mengenai beberapa faktor yang bisa berpotensi menyebabkan ban motor bocor halus, sehingga Motoris pun bisa menghindarinya. Berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Kondisi ban sudah tidak prima

Ban yang sudah tua atau sudah cukup lama digunakan tentu akan lebih mudah mengalami bocor halus, karena permukaannya telah mulai menipis akibat bergesekkan dengan aspal. Selain itu, jika ban sudah aus atau gundul, sebaiknya segera diganti karena juga bisa memicu bocor halus dan membahayakan keselamatan saat berkendara.

  • Bebatuan yang tajam

Sering melewati jalan dengan medan tidak rata atau berkerikil juga menjadi salah satu faktor ban bocor halus. Terlebih jika melewati jalanan dengan kecepatan cukup tinggi, risiko ban bocor pun akan lebih besar.

Hal ini terjadi karena beberapa bebatuan permukaannya tajam, dan jika mengenai ban motor bisa jadi menyebabkan kebocoran atau parahnya bisa membuat ban motor pecah sewaktu-waktu.

  • Kondisi pelek motor penyok

Pelek dan ban tentunya tidak bisa dipisahkan. Jika kondisi pelek bengkok atau penyok, itu juga bisa menjadi salah satu alasan bocor halusnya ban motor. Itu bisa terjadi karena pelek yang penyok bisa memicu timbulnya rongga atau ruang kosong yang seharusnya terhubung rapat dengan ban. Dari rongga tersebut, tekanan angin ban pun bisa keluar atau berkurang.

  • Kebocoran karena pentil kendor atau tidak kokoh

Pentil ban yang tidak kokoh atau kendor juga bisa mempengaruhi kondisi tekanan angin ban. Untuk menanganinya, Wahana menyarankan untuk langsung ke bengkel agar ditangani oleh teknisi.

  • Bekas tambal ban

Bekas tambalan juga bisa memicu bocor halus, lho. Biasanya terjadi karena pengerjaan tambalan kurang rapi, sehingga masih ada sedikit permukaan ban yang terbuka. Selain itu bisa juga karena tambalan yang ditempel kurang kuat.

Itu tadi beberapa penyebab ban bocor halus. Jangan lupa cek dan ricek sebelum berkendara agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*