Piaggio Group Pilih IBM Tingkatkan Interoperabilitas dan Efisiensi Pabrik Global

0
piaggio group IBM
Moto Guzzi V85 TT. Foto: Istimewa

NaikMotor – Piaggio Group telah memilih IBM Services untuk menyelesaikan migrasi ke SAP S/4HANA selama masa pandemi dan mendukung perjalanan transformasi digital Piaggio. Dengan platoform ini, proses internal pun akan disederhanakan dan dipercepat untuk meningkatkan produktivitas dan pengembangan bisnis. 

Piaggio Group dilaporkan telah melakukan penyelesaian proyek internasional sebagai transisi aplikasi manajemen ke SAP /4 HANA. Dengan ini, diharapkan proses internela seperti penyediaan manajemen pesanan jadi lebih efektof dan cepat, serta menghasilkan fleksibilitas lebih untuk permintaan layanan klien.

Piaggio Group berfokus pada penggabungan proses melalui peningkatan infrastruktur aplikasi umum dan terintegrasi, di enam pusat industrinya di seluruh dunia, yaitu empat di Italia, satu di India, dan satu di Vietnam, yang juga menjadi tempat kegiatan produksi dan komersialnya.

Peningkatan ke S/4HANA ini akan memberikan tampilan informasi yang terpusat, sehingga memungkinkan Piaggio untuk menganalisis data manajemen dan ekonomi secara real time, di perangkat apa pun, bahkan saat bepergian, menawarkan sistem yang berbeda kepada pengguna akhir untuk menganalisis data secara mandiri dan mensimulasikan skenario alternatif.

piaggio group IBM
Vespa Primavera 150 i-get ABS – Green Relax

Vittorio Boero selaku Chief Information Officer dari Piaggio Group mengungkapkan bahwa: “Kami telah meletakkan dasar untuk evolusi yang cepat dan konstan dari proses kami dan untuk digitalisasi masa depan lebih lanjut dari proses bisnis yang paling penting, untuk mendukung fungsi internal, kolaborasi dengan mitra strategis dan jaringan penjualan.”

“Evolusi ini akan berlangsung sesuai dengan rencana pengembangan yang telah kami rancang dengan tujuan membawa manfaat nyata dan signifikan bagi bisnis melalui pendekatan perbaikan yang konstan.”

Proses migrasi dari IBM yang dilakukan pada kuartal pertama 2020 harus menghadapi pembatas jarak sosial karena pandemi Covid-19. Proyek ini telah usah dan dinyatakan sudah memenuhi semua target meski ada kendala operasional pengujian dan pendirian produksi di 3 negara dengan dukungan jarak jauh.

Untuk mengejar waktu pertumbuhan bisnis internasional, Piaggio harus menyelesaikan proyek dengan aman dan tepat waktu, untuk memastikan sistem baru bisa dimulai sebelum awal ramainya musim penjualan. Sekitar 20 tahunan yang lalu, IBM Services telah melaksanakan proyek instalasi SAP R/3 untuk Piaggio Group dan berhasil menyelesaikan proyek konversi dengan memanfaatkan fitur-fitur baru dan efisien dari sistem manajemen yang menggabungkan transaksi ERP dengan teknologi baru.

Piaggio Medley S 150

Proyek tersebut merupakan langkah pertama dari jalur evolusi yang memproyeksikan Piaggio menuju dimensi perusahaan kognitif, yaitu perusahaan yang mampu memanfaatkan data internal dan eksternal untuk mendukung strategi dan pilihan bisnis.

“Dari desain Vespa pertama hingga saat ini, Piaggio selalu menunjukkan kepercayaan pada inovasi sebagai kekuatan pendorong dan sumber daya manusia untuk menghadapi dan mengatasi tantangan pasar. Bahkan selama pandemi, Piaggio melanjutkan jalur transformasinya untuk menjadi perusahaan kognitif, yang mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing,” jelas Luigi Menzio, IBM Services Executive Partner, IBM Italia.

“IBM bangga telah mendukung perusahaan yang merupakan simbol keunggulan Italia dalam menyelesaikan proyek migrasi internasionalnya dengan aman ke SAP S/4HANA dalam laju yang cepat dan terlepas dari keterbatasan akibat lockdown,” lanjutnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY