First Ride United E-Motor T1800, Urban Cruiser E-Scooter untuk Green Riding

0
First Ride United T1800
United E-Motor T1800, skuter listrik sebagai urban cruiser. Foto: Aphit, Afid, Istimewa

NaikMotor – Pabrikan besar sepeda lokal United Bike saat meluncurkan skuter listrik United E-Motor T1800 (12/12/2020) juga memberikan kesempatan mengendarainya. Begini first ride United T1800 yang dipasarkan Rp 27 juta lengkap dengan STNK di Jadetabek.

Kesan pertama e-scooter United produk PT Terang Dunia Internusa (TDI) melalui United Motor, T1800 berpenampilan depan mirip skuter maksi Yamaha. Dengan stang tinggi, panel meter di dash terpisah dengan stang dan dek split serta ada mini windshield.

Konsol tengah dek itu berisi baterai Lithium-ion 60V 28 Ah. Jok seperti model custom itu ada sandaran kecil, sehingga nyaman. Di bawah jok ada bagasi luas, meski tidak muat helm, ada bagasi tambahan dengan tutup. Sayangnya, tidak muat untuk menyimpan baterai cadangan. Uniknya, bagasi dilengkapi lampu dan USB charger.

Sementara motor penggeraknya, motorhub belakang 1,8 kW produk Bosch. Dengan pelek ukuran 12″, dan ban produk Maxxis. Serta rem cakram di kedua roda.

Saat mencoba duduk, jok terasa empuk, dan kedua kaki masih menapak sedikit jinjit, buat yang bertinggi 165 cm. Dek cukup panjang, bisa sedikit selonjor seperti pada cruiser.

Untuk menyalakan bisa secara remote, atau kunci kontak di posisi on dan tekan tombol on-off di tengah stang. Biar ada sensasi suara, bisa dengan mengaktifkan Bluetooth di tombol di cover depan, yang di lengkapi speaker itu. Kalau terkoneksi akan keluar suara motor balap yang mengeras seiring puntiran grip gas. Kalau ingin suara musik juga bisa, kan sudah terkonekai Bluetooth.

Saat memuntir gas memang ada sedikit hentakan torsi khas motor listrik. Memang jika dihentak tidak semua torsi keluar, sepertinya sudah diset agar lembut. Tetapi meraih kecepatan hingga 60 km/jam (mode 3) memang lebih cepat dibanding skuter matik 110cc. Kecepatan itu bisa ditambah hingga 70 km/jam untuk sesaat seperti saat menyalip dengan menekan tombol turbo di stang kanan depan, tombol mirip tombol passing headlamp pada sepeda motor konvensional.

Tetapi kecepatan cruising yang nyaman T1800 adalah 40km/jam. Shockabsorber belakang ganda dan depan teleskopis cukup lembut dengan bounce relatif pelan. Dengan distribusi titik berat tengah belakang dan kaki selonjor sepertinya e-scooter United lebih nyaman untuk joy riding di jalanan kota.

First Ride United T1800
TombolTurbo

Distribusi titik berat demikian juga membuat handling mudah. Didukung wheelbase lebih pendek dari maksi skuter, membuat pengendalian lebih lincah. Hanya saja, material dek dari bahan aluminium itu licin, sehingga sering mengagetkan saat akan membetulkan posisi duduk karena kaki terpeleset.

Jadi, usai first ride United T1800, produk skuter listrik perdana pabrikan sepeda besar ini lebih cocok sebagai urban cruiser e-scooter. Untuk joy ride pendek dalam kota, atau keperluan ke mal/cafe dekat rumah. (Afid/nm)

Plus:
1. Performa
2. Handling
3. Jok nyaman

Minus:
1. Baterai Single
2.. Material dek

Spesifikasi United E-Motor T1800
Motorhub belakang Bosch 1,8 kW
Baterai Lithium-ion 60V 28 Ah
Kecepatan Max 70km/jam (turbo mode)
Jarak tempuh 60 km
Rem cakram depan belakang

Ban depan Maxxis 100/70-12, belakang 120/70-12 (tubeless)
Suspensi depan teleskopis, belakang shockabsorber ganda
Speed mode 3, 1 50 2 60 km, 3 65 km, tambah tombol turbo untuk menyalip hingga 70 km/jam. Plus reverse mode (3km/jam)

Berat 99 kg
Daya Angkut 150 kg

Harga: Rp 27 Juta on the road di Jadetabek

Fitur:
Koneksi Bluetooth dengan HP
Charger Premium 15A dengan kipas pendingin sehingga charging sekitar 5 jam.
Full LED, speedometer full digital, charger auto cut off ketika penuh
Remote, usb dan lampu bagasi, keyless alarm,
Artifisial hiss sound, dengan mode racing sound.
Kickstand off, tuas rem dengan power cut off.
Repair mode untuk jika ada masalah

Garansi:
Charger, Baterai, controller, dan motor 1 tahun
Rangka 5 tahun.

Bonus: jaket, helm, charger premium 15A,

CS: 0812 12994840

LEAVE A REPLY