Hujan Badai Batalkan Etape Pertama Dakar Rally 2016

0
Badai-Dakar-Rally-2016-Etape-pertama
Hujan dan badai yang mengguyur Argentina membuat panitia membatalkan etape pertama Dakar Rally 2016. Foto: Dakar

Rosario (naikmotor) – Hujan dan badai yang melanda sebagian besar wilayah Argentina termasuk Rosario tempat start rombongan balap Dakar Rally (DR) 2016 ke Villa Carlos Paz, membuat penyelenggara balapan membatalkan etape pertama (3/1/2016). Ini dilakukan lantaran mereka tak bisa menjamin keselamatan para peserta jika tetap dipaksakan.

Solusi awal yang dilakukan oleh penyelenggara balapan terganas dunia itu adalah dengan memberikan kesempatan pada peserta untuk konvoi bersama ke checkpoint pertama setelah Rosario. Namun kondisi cuaca tetap tak berubah dan helikopter pemantau dan tim medis juga tidak bisa melakukan apa-apa. Sehingga penyelenggara menegaskan untuk membatalkan balapan.

Menurut keterangan yang dituturkan oleh Etienne Lavigne selaku Race Director, bahwa mereka tak mau ambil risiko besar pada keselamatan peserta. Kali ini mereka harus sangat menjaga agar rally terganas dunia ini tak lagi menelan korban nyawa. Apalagi sehari sebelumnya terjadi insiden di kategori mobil yang menabrak penonton di sesi prologue.

Khusus untuk para peserta ATV dan motor, mereka melakukan konvoi menuju Villa Carlos Paz dengan menempuh jalur interkoneksi yang lebih pendek.

Rencananya hari ini, Senin (4/1/2016)  waktu lokal di Villa Carlos Paz, Argentina, para peserta bakal mengawali balapan di etape kedua dengan total panjang trek sejauh 786 km. Itu sudah termasuk special stage (SS) sepanjang 450 kilometer untuk motor dan ATV. Joan Barreda bakal mengawali lebih dulu mengikuti hasil prologue. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*