Eiger Adventure Raih Penghargaan Nasional Lewat Konsep Ransel Eco-Friendly

0
Eiger Adventure
Ransel Eiger Adventure "EcoSavior 45L" raih penghargaan IGDS Award 2020. Foto: Istimewa

NaikMotor – Konsep ransel Eco-Friendly dari Eiger Adventure meraih penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) Award 2020. Rencananya, tas ini akan diluncurkan tahun depan. 

Konsep produk ransel EcoSavior 45L karya Oki Lutfi selaku Product Designer Eiger Adventure sukses memboyong penghargaan dari ajang IGDS 2020 sebagai Best 3 di kategori Design Concept.

“Bersyukur atas apresiasi terhadap karya kami. Sejatinya tujuan kami berkarya adalah untuk memberi nilai tambah dan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat lewat produk yang kami rancang. Ketika karya itu diapresiasi, kami syukuri dan dijadikan motivasi untuk berkarya lebih baik lagi,” ujar Oki Lutfi.

Ransel EcoSavior 45L merupakan tas untuk mendaki gunung dengan kapasitas 45 liter dan mengusung konsep eco-friendly (ramah lingkungan) serta sustainability (keberlanjutan). Hal ini dapat dilihat dari material kain dan beberapa bagian tas yang dikembangkan dari bahan daur ulang hasil olahan sampah botol plastik PET (Polietilena Tereftalat) dan penggunaan bambu di salah satu bagian tas.

Selain itu, tas ini juga memiliki fitur khusus kantong sampah yang bisa dilepas-pasang untuk memfasilitasi pendaki gunung membawa turun kembali sampahnya. Oki pun berharap agar kedepannya Eiger bisa bergerak bersama para komunitas untuk menghadirkan solusi dari permasalahan lingkungan saat ini.

Eiger Adventure
Oki Lutfi, Product Designer EIGER Adventure saat menerima penghargaan Indonesia Good Design selection (IGDS) Award 2020.

“Produk ini didesain sebagai bentuk kontribusi Eiger untuk bumi, dengan menawarkan solusi pada beberapa persoalan lingkungan hidup, diantaranya persoalan sampah plastik yang mendegradasi kualitas lingkungan hidup. Harapannya, produk ini dapat membangun kepedulian masyarakat terutama para komunitas pendaki gunung terhadap persoalan lingkungan,” imbuhnya.

EcoSavior 45L yang diikutsertakan dalam ajang penghargaan ini masih berupa prototype. Rencananya, tas ini akan diluncurkan dan diproduksi massal di tahun 2021. Pada tahun 2019, Oki bersama Eiger juga sudah meraih penghargaan Grand Award di ajang yang sama untuk produk Keba 50L Black Borneo Series.

“Kedepannya, saya dan tim Eiger akan lebih intens dalam pengembangan produk yang ramah lingkungan. Menurut saya, menghadirkan produk yang ramah lingkungan adalah tanggung jawab desainer untuk bumi dan untuk nanti,” tutup Oki Lutfi. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here