Dakar Rally 2016: Joan Barreda Menangi Etape-3, Sayang Kena Penalti 1 Menit

0
27
Barreda-Juara-Etape-3-Dakar-Rally-2016
Tampil tercepat di etape ketiga Dakar Rally 2016, Joan Barreda harus terkena penalti karena melakukan kesalahan, yaitu memacu motornya melebihi kecepatan yang ditentukan di zona yang tidak terhitung waktu. Foto: HRC

Argentina (naikmotor) – Etape ketiga yang berlangsung di Dakar Rally (DR) 2016 pada Selasa (5/1/2016), jadi momentum besar bagi Joan Barreda untuk menunjukkan performa yang sebenarnya. Ia mulai tampil ganas di trek yang terbentang dari Termas de Rio Hondo ke San Salvador de Jujuy sepanjang 663 km (termasuk special stage sepanjang 314 km).

Namun sayang, Ia harus terkena penalti karena melakukan kesalahan, yaitu memacu motornya melebihi kecepatan yang ditentukan di zona yang tidak terhitung waktu. Sehingga posisinya yang jadi pemuncak waktu tercepat di etape ketiga harus turun ke posisi 5.

“Hari ini adalah momentum besar untuk membawa hasil terbaik setelah sehari sebelumnya kami menjalani hari dengan kesulitan besar. Saya hanya berupaya terus melakukan yang terbaik dan tetap fokus. Paling tidak trek ini cukup mudah karena kami tidak menggunakan sistem navigasi dan catatan waktunya juga tidak berselisih besar. Jadi rasanya sangat penting untuk bertarung terus dengan grup pereli yang berada di urutan depan,” ujar Barreda.

Lantaran dihukum penalti sebanyak 1 menit, Kevin Benavides yang juga menunggangi Honda, malah tampil sebagai pemenang di etape ini. Ia mengalahkan Paulo Goncalves yang merupakan rekan setim Barreda di Honda Racing. Benavides adalah pereli lokal Argentina yang pastinya bisa dibilang hafal dengan karakter trek di negaranya itu.

Toby Price yang menjadi pemenang di etape kedua, tidak bisa berbuat banyak di etape ketiga. Ia mengalami kesulitan sesaat setelah start karena binatang liar di trek dan juga beberapa orang penonton yang nyaris tertabrak olehnya. Namun pereli andalan KTM itu merasa bahwa etape ketiga ini ini adalah momentum baginya untuk tidak tampil begitu agresif.

Meski para pereli Honda mendominasi jalannya etape ketiga, namun posisi di klasemen pereli sementara, Stevan Svitko yang menggunakan KTM masih merajai waktu tercepat. Sementara Benavides dan Barreda berada di posisi 2 dan 3. Selisih waktu di klasemen pun cukup tipis, dan sangat mungkin terjadi perubahan besar di akhir balapan nanti. (Spy/NM)

Hasil etape-3 Dakar Rally 2016:
1. Kevin Benavides (Honda) ARG – 2:31:03
2. Paulo Goncalves (Honda) PRT – 2:31:29
3. Antoine Meo (KTM) FRA – 2:31:30
4. Stefan Svitko (KTM) SVK – 2:31:34
5. Joan Barreda (Honda) ESP – 2:31:37

Klasemen sementara Dakar Rally 2016:

1. Stefan Svitko (KTM) SVK – 6:27:04
2. Kevin Benavides (Honda) ARG – 6:27:38
3. Joan Barreda (Honda) ESP – 6:27:50
4. Paulo Goncalves (Honda) PRT – 6:27:58
5. Alain Duclos (Sherco TVS) FRA – 6:28:00

LEAVE A REPLY

*