Juara Dakar Rally 2016, Toby Price Berikan Kemenangan ke-15 untuk KTM

3
Toby-Price-Juara-Dakar-Rally-2016
Toby Price menjadi orang Australia pertama yang menjuarai Dakar Rally 2016 sekaligus memberikan kemenangan ke-15 untuk KTM. Foto: Red Bull

Rosario (naikmotor) – Toby Price tidak pernah menduga bisa tampil konsisten hingga akhir lomba. Beratnya medan khas Dakar Rally menjadi tantangan sama yang harus dilewati oleh semua pereli. Namun pereli asal Australia itu berhasil tampil kompetitif dan sangat fokus menjalani balapan. Sehingga berbuah kemenangan di akhir lomba.

Price sendiri baru pertamakali meraih kemenangan di Dakar Rally (DR) 2016 pasca hengkangnya Cyril Despres ke kategori mobil dan Marc Coma yang pensiun. Kedua pereli tersebut sudah mendominasi kemenangan dalam 10 tahun sebelumnya, hingga Sabtu kemarin (16/1), keluar nama baru asal Australia. Namun beruntung bagi KTM, karena pereli tersebut merupakan wakil mereka.

“Meraih kemenangan di tahun kedua berpartisipasi dalam balap Dakar Rally, adalah hal yang tidak pernah aku pikirkan dua tahun sebelumnya. Karena mampu menyentuh garis finis saja sudah menjadi kebanggaan, namun meraih kemenangan adalah keajaiban yang tidak akan pernah terlupakan,” bangga Price.

Price sendiri berharap ini menjadi awal yang baik baginya untuk meraih kemenangan di tahun-tahun berikutnya. Paling tidak jadi motivasi tersendiri untuk bisa tampil kompetitif.

Dalam etape terakhir yang berlangsung kemarin dari Villa Carlos Paz ke Rosario sejauh total 699 km dan 180 km untuk special stage-nya, Pablo Quintanilla asal Cile mampu memenangi balapan. Ini menjadi kemenangan perdana bagi Husqvarna sekaligus pengunci posisi finis podium ketiga. Sayangnya sudah terlalu telat untuk membuktikan performanya bertarung meraih posisi terbaik, lantaran balapan sudah berakhir.

Kevin Benavides yang merupakan pereli asal Argentina, justru mampu tampil konsisten. Meski Ia bukan pereli tim utama Honda, namun Ia menjadi wakil pereli Honda yang mampu finis di urutan keempat. Ia mengambil alih posisi tersebut dari Helder Rodrigues yang kemarin lebih unggul di klasemen usai meraih kemenangan etape-12. (Spy/NM)

Hasil etape-13 Dakar Rally 2016:
1. Pablo Quintanilla (Husqvarna) CHL – 1:51:27
2. Kevin Benavides (Honda) ARG – 1:53:08
3. Helder Rodrigues (Yamaha) PRT – 1:54:04
4. Toby Price (KTM) AUS – 1:55:49
5. Stefan Svitko (KTM) SVK – 1:57:51

Klasemen akhir Dakar Rally 2016:
1. Toby Price (KTM) AUS – 48:09:15
2. Stefan Svitko (KTM) SVK – 48:48:56
3. Pablo Quintanilla (Husqvarna) CHL – 48:58:03
4. Kevin Benavides (Honda) ARG – 49:04:02
5. Helder Rodrigues (Yamaha) PRT – 49:04:59

3 COMMENTS

  1. The Australian competed in his first Dakar Rally in 2015 and landed in third in the motorcycle class, and returned in 2016 to take a decisive win. It marked the first time an Australian has won any class at the Dakar, and the fastest that any competitor has risen to victory in the event.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here