Honda Live, Analisa Komputer yang Bikin Pengendara Pintar

0
Honda-Computer-Live
Honda ‘Live’ computer instructor system dirancang untuk menganalisa setiap gerakan pengendara agar lebih pintar. Foto: Morebikes

Tokyo (naikmotor) – Honda tengah mendaftarkan paten berisi sketsa konsep analisa komputer yang akan membuat pengendara semakin terampil. Sketsa paten yang didaftarkan 17 Desember 2015 tersebut, disebut sebagai Honda ‘Live’ computer instructor system.

Rancangan sistem ini akan melakukan analisa setiap gerak pengendaraan dan akan memberitahu pengendara bagaimana cara berkendara dengan lebih baik.

Sistem ini cocok diterapkan pada sepeda motor berkapasitas kecil yang mengandalkan banyak sensor termasuk giroskop, akselerometer, sudut kemudi, GPS, kecepatan, kamera dan perangkat antarmuka berupa layar sentuh berukuran besar di dash.

Honda Live akan langsung aktif begitu mesin dinyalakan kemudian akan merekam, dan membaca jutaan data berisi posisi sepeda motor, sudut belok, rentang akselerasi, pengereman dan sebagainya.

Data yang dihasilkan akan membuat plot terbaik buat pengendara jika melalui rute yang sama. Seperti posisi di lajur, sudut belok, dan bukaan gas serta pengereman yang efektif.

Sistem ini dianggap akurat karena bisa diterapkan pada berbagai rute dan analisa datanya dilakukan dalam sepersekian detik. Sehingga pengendara dapat secara efektif mendapat sistem diagnostik onboard seketika. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY