KTM Memimpin di Etape #1 di Rally Dakar 2021, ini Curhatan Para Pembalapnya

0
Toby Price
Toby Price dari Red Bull KTM Factory Racing pimpin Rally Dakar 2021 Stage 1. Foto: Rally Zone - KTM

NaikMotor – Red Bull KTM Factory Racing berhasil memenangkan tahap pertama di Rally Dakar 2021 lewat kepiawaian Toby Price. Selain Toby, rekan setimnya, Matthias Walkner dan Sam Sunderland juga masuk ke 5 besar. 

Hari pembukaan dari Rally Dakar 2021 yang diadakan di trek berpasir kasar dengan lintasan berbatu diisi dengan tahapan 623 km termasuk 277 km waktu khusus. Di tahapan pertama ini, Toby Price menggunakan 75 km pertamanya untuk membangun kepercayaan diri dan kecepatannya. Ia pun berhasil memimpin dan mempertahankan kecepatan hingga finish. Akhirnya, ia berhasil memimpin klasemen sementara dan membuka tahap kedua.

“Secara keseluruhan, hari ini berjalan dengan baik. Navigasi tentu saja rumit hari ini – sulit untuk menemukan pistes dan lembah yang tepat dan yang mengganggu saya berhasil sedikit tersesat pada beberapa kilometer terakhir hingga finis. Selain beberapa kesalahan kecil lainnya, sisa panggungnya bagus,” jelasnya.

“Saya senang dengan penampilan saya terhadap motor dan ban karena dengan aturan baru kami benar-benar harus berhati-hati. Melihat ke depan pada keseluruhan balapan, saya pikir akan ada beberapa perubahan besar di klasemen, rencananya adalah untuk mencoba dan tetap konsisten dan tidak kehilangan banyak waktu. Saya akan membukanya besok jadi mudah-mudahan saya tidak akan membuat terlalu banyak kesalahan besar dan kami dapat menjaga momentum ini terus berjalan,” lanjut Toby.

Sementara itu, Matthias Walkner yang berada di posisi ketiga mengaku bahwa hari itu terasa cukup berat dan melelahkan.

“Ternyata hari ini cukup berat. Jaraknya hanya 277 km, tapi setelah perjalanan panjang di pagi hari, panggungnya cukup melelahkan, apalagi navigasinya yang rumit. Ada satu bagian yang sangat teknis yang lebih mirip Erzbergrodeo daripada Dakar, tetapi campuran medan adalah hal yang baik dan pasti sangat menantang. Saya senang dengan awal saya dan berharap untuk melanjutkan besok,” ungkapnya.

Matthias Walkner

Di belakang Walkner, tepatnya di posisis keempat, ada Sam Sunderland yang berhasil mempertahankan ritmenya hingga akhir dan ikut berada dalam posisi 5 besar bersama dua rekannya.

“Itu adalah tahap yang sangat sulit hari ini dengan beberapa bagian yang sangat teknis – bebatuan di atas bebatuan – dan Anda tidak punya pilihan selain keluar dengan gigi pertama. Secara keseluruhan, saya merasa senang dengan penampilan saya, saya terkena sedikit debu di bagian pertama, tetapi saya kira dengan pengaturan ke 27 itu akan selalu terjadi,” tuturnya.

Sam Sunderland

“Bekerja sampai ke urutan keempat di finis benar-benar membesarkan hati. Mendapatkan pembukuan jalan hanya 20 menit dari awal membuat semuanya sama untuk semua orang, tetapi juga membuat strategi keseluruhan kami sulit untuk diukur sejak awal. Aku akan berangkat besok keempat, jadi mudah-mudahan aku bisa meluangkan lebih banyak waktu,” imbuh Sam.

Terakhir, ada rookie Daniel Sanders yang diklaim telah mengawali debutnya dngan baik di Rally Dakar. Ia mencatat waktu tercepat ketiga dalam Prolog Kualifikasi.

Daniel Sanders

“Saya sangat menikmatinya, medannya luar biasa dengan banyak bebatuan dan beberapa catatan yang sangat rumit di buku jalan. Sangat keren memulai panggung Dakar pertama saya di dekat depan, beberapa orang top membuat sedikit kesalahan sejak awal, tetapi saya tidak cukup percaya diri untuk mempercayai insting saya dan akhirnya kehilangan sedikit waktu di sana, terlalu. Setelah itu saya bisa memimpin di depan untuk sementara waktu, yang rasanya luar biasa. Secara keseluruhan, saya bagus, motornya bagus, saya menantikan hari esok,” ujarnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*