Daya Listrik Rendah, BMW Motorrad Menerapkan Lampu Utama Laser

0
bmw-motorrad-hud-laser-light-2016
BMW Motorrad memperkenalkan lampu utama laser pada model BMW K1600GTL di ajang Consumer Electronics Shows (CES) yang tengah berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Foto: Gizmag

LasVegas (naikmotor) – Saat Consumer Electronics Shows (CES) yang tengah berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat,pekan ini (6-9/1/2016), BMW Motorrad menampilkan teknologi lampu utama laser. Sebelumnya BMW menerapkan teknologi tersebut untuk sedan mewahnya. Seperti Seri 7 dan mobil listrik i8 sejak dua tahun lalu.

Karena pertimbangan daya listrik rendah, BMW Motorrad menerapkan lampu utama laser tersebut pada model tertinggi BMW K1600GTL sebagai proyek pertama.

Keunggulan daya listrik rendah, hanya separuh kebutuhan sistem LED serta diklaim lebih terang serta daya pancar jauh hingga 60 meter, hampir dua kali lipat ketimbang lampu konvensional, menjadi pertimbangan BMW Motorrad mengaplikasi teknologi lampu laser.

Lampu utama laser juga dipandang lebih akurat memancarkan sinarnya, dengan sedikit luberan. Itu berarti pengguna lalu lintas dari arah lawan tak akan terbutakan oleh sistem pencahayaan super terang tersebut.

Sebenarnya cahaya laser berwarna biru, tetapi dalam unit lampu tersebut sorotannya diarahkan dengan sejumlah cermin ke lensa yang mengandung fosfor kuning.

Energi cahaya yang keluar sebagai cahaya putih terang yang dipancarkan keluar batok lampu. Meski demikian, BMW Motorrad mengakui kalau teknokogi tersebut masih mahal jika diterapkan ke sepeda motor. Berarti teknologi lampu utama laser tersebut masih butuh waktu sebagai fitur standar.(Afid/nm)

bmw-motorrad-hud-laser-light-2016-1

LEAVE A REPLY