Segini Batasan Usia Pembalap Moto2 dan Moto3, Siapa Saja yang Bisa Terganjal?

0
Batas Usia Pembalap Moto3
Race Moto3 Valencia. Foto: Moto3

NaikMotor – Regulasi Grand Prix FIM menetapkan batas usia pembalap untuk ajang Moto3 adalah 28 Tahun. Sementara usia minimalnya ditetapkan pada 16 tahun.

Dalam aturan tersebut disebutkan jika seorang pembalap berusia 28 tahun pada 1 Januari di tiap musimnya, maka ia tidak diizinkan lagi untuk berkompetisi di Moto3. Batas usia pembalap di Moto3 ini juga berlaku untuk Moto2.

Aturan FIM ini juga akan menentukan pembalap mana yang diizinkan untuk mendaftar dalam peringkat rookie-of-the-year. Agar dapat diklasifikasikan sebagai rookie, peserta di kelas ini minimal sudah berkompetisi maksimal lima acara GP pada tahun sebelumnya.

Batas Usia Pembalap Moto3
Scot John McPhee. Foto: Instagram/johnmcp17

Di perhelatan Moto3 musim 2021 nampaknya belum ada pembalap yang dieliminasi akibat usia. Pasalnya umur tertua rider Moto3 saat ini adalah 27 tahun. Rider tersebut adalah Scot John McPhee dari tim Petronas Sprinta Honda.

Meskipun menjadi rider yang paling tua di Moto3 untuk saat ini, McPhee masih bisa mengikuti race musim ini karena dirinya baru berusia 27 tahun pada 14 Juli mendatang.

Kemudian untuk pembalap kedua tertua di Moto3 dipegang oleh Romano Feneti dari tim Sterilgarda Max Racing Team. Feneti menginjak usia 25 tahun pada 15 Januari lalu. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here