FIM MiniGP World Series, Beri Peluang Pembalap Muda Menuju MotoGP

0
FIM MiniGP World Series
FIM MiniGP World Series jadi wadah baru untuk meningkatkan keterampilan pembalap muda dan membuka peluang menuju kelas MotoGP. Foto: FIM

NaikMotor – FIM dan Dorna Sports bakal menggelar FIM MiniGP World Series. Balapan ini siap menjadi platform baru untuk memberikan kesempatan pembalap muda berpeluang menuju kelas MotoGP

Lewat MiniGP, Dorna dan FIM ingin menyatukan dan menstandarkan kompetisi ini yang berlangsung dari seluruh dunia di bawah payung yang sama. Seri ini memiliki tujuan untuk menciptakan platform yang setara bagi pembalap muda di seluruh dunia dan agar mereka dapat meningkatkan keterampilan maupun peluang di Road to MotoGP.

Seri MiniGP terdiri dari kompetisi yang digelar oleh satu atau lebih FMN atau CONU di seluruh dunia yang mendaftar untuk menjadi bagian dari inisiatif baru, dan setiap kompetisi dalam serinya sesuai dengan peraturan dan teknis yang sama, secara berurutan demi membakukan persaingan.

Lewat MiniGP, nantinya bisa memperoleh status Road to MotoGP yang bisa bersifat nasional atau mewakili wilayah geografis lebih luas di tingkat regional atau benua. Balapannya pun harus berlangsung di sirkuit karting yang memenuhi standar yang ditetapkan FIM atau federasi nasional terkait.

Dengan pembalap berusia 10 – 14 tahun, kompetisi akan berlangsung dengan mesin yang setara dengan Ohvale GP-0 160. Pemasok ban tunggal resmi untuk semua acara adalah Pirelli dan alokasi ban standar diberikan per acara.

FIM MiniGP World Series
Foto: Ohvale

Setidaknya harus ada empat event dari minimal delapan balap yang masuk ke kalender dan diikuti setidaknya 15 pembalap permanen di setiap kompetisi. Event perdana bakal  digelar Juli 2021 dan finalnya paling lambat 17 Oktober. Di akhir musim nanti, pesaing teratas akan ditawari beberapa peluang luar biasa.

Jawara dari setiap MiniGP nasional, regional, atau kontinental akan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam final dunia yang akan berlangsung selama seminggu menjelang acara final MotoGP musim ini. Pemenang final dunia yang bergantung pada usia, lokasi/kebangsaan akan mengamankan tempat di salah satu program Road to MotoGP di tahapan karir selanjutnya.

Pembalap teratas dari MiniGP nasional atau kontinental juga bisa memiliki akses langsung ke pemilihan Idemitsu Asia Talent Cup, atau Honda British Talent Cup, Northern Talent Cup, atau European Talent Cup, tergantung pada usia dan lokasinya.

“Jalan menuju MotoGP sangat penting bagi kami dan saya sangat bangga melihat inisiatif lain ditambahkan ke portofolio promosi bakat kami, dalam kemitraan dengan FIM. FIM MiniGP World Series akan memainkan peran penting dalam menstandarisasi kompetisi bagi pembalap muda di seluruh dunia, membantu bakat mereka untuk bersinar di lapangan yang setara dan menciptakan lebih banyak peluang daripada sebelumnya,” ujar Carmelo Ezpelata, CEO Dorna Sports.

“Kami senang dapat berkolaborasi dalam proyek baru ini dan melihatnya menjadi kenyataan, dan kami tidak sabar untuk melihat bakat yang muncul dari Seri ini di masa mendatang. FIM MiniGP World Series adalah batu loncatan yang sempurna bagi pembalap muda yang baru saja memulai perjalanan mereka menuju MotoGP dan tidak hanya akan membantu kami menemukan bakat MotoGP di masa depan, tetapi juga meningkatkan luasnya basis penggemar MotoGP dan jumlah atlet muda yang mengambil balap motor,” lanjutnya.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan! Kami sangat bangga menjadi bagian dari proyek FIM MiniGP World Series. Ini merupakan langkah penting dalam pertumbuhan sepeda motor di tingkat internasional. Selama bertahun-tahun Ohvale telah menciptakan dasar yang kokoh untuk pertumbuhan pengendara baru yang berbakat di tingkat internasional dan, berkat keterlibatan jaringan penjualan dan federasi nasionalnya. Ohvale telah menyebarkan filosofi baru bagi pengendara sepeda motor muda: sepeda motor yang setara untuk semua dan mesin yang disegel, karena pengendara itulah yang membuat perbedaan. Kami berterima kasih kepada FIM dan Dorna karena telah memilih OHVALE untuk Seri Dunia MiniGP FIM yang baru,” tutur Valerio da Lio, CEO Ohvale.

“FIM MiniGP World Series adalah langkah pertama bagi semua anak muda di jalan mereka untuk mencapai impian mereka dan mencapai Kejuaraan Dunia MotoGP FIM! Ini adalah titik awal yang hilang di ‘Road to MotoGP ‘yang akan memungkinkan setiap pembalap berbakat untuk naik ke’ podium ‘, dengan anggaran yang sangat rendah,” ungkap Jorge Viegas selaku Presiden FIM.

“Selain itu, inisiatif FIM / Dorna ini menempatkan Federasi Nasional di garis depan sistem, karena terserah mereka untuk sepenuhnya mengatur nasional seri dan untuk memilih yang terbaik dari masing-masing negara, yang akan hadir di Final Dunia di Valencia. Dorna dan FIM telah mengerjakan proyek ini selama beberapa tahun sekarang; sekarang menjadi kenyataan dan saya ingin terima kasih Promotor kami dan berikan insentif tambahan untuk semua federasi terafiliasi kami,” tambah Viegas. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY