Toby Price Termotivasi Usai Rehat Sehari di Etape-8 Dakar Rally

0
Price-Etape-8-Dakar-rally-2016
Pereli KTM, Toby Price kembali tampil cemerlang di stage kedelapan Dakar Rally 2016. Foto: Red Bull

Bolivia (naikmotor) – Masa rehat sehari yang dijalani para pereli di ajang Dakar Rally 2016 usai etape ketujuh, membuat Toby Price benar-benar termotivasi. Di etape kedelapan yang berlangsung pada Senin (11/1/2016) waktu Bolivia, Ia malah tampil sangat agresif dan meraih waktu tercepat.

Pencapaian ini sekaligus menjadi pencapaian kemenangan etape yang keempat kali diraih oleh pereli asal Australia itu. Kesempatan ini pun membuat posisinya langsung merangsek ke urutan pertama di klasemen pereli tercepat sementara.

Di etape kedelapan ini, para pereli melahap 766 km dari Salta ke Belen. Terdapat 393 special stage yang tersaji dengan tingkat kesulitan yang mulai cukup menyusahkan. Namun Price mampu melewatinya dengan cukup baik. Lantaran setengahnya adalah trek bebatuan dan setengahnya adalah trek gurun pasir.

“Bagian pertama adalah jalan terbuka dan saya kehilangan banyak waktu di sana. Tapi setelah melakukan sedikit trik berbeda, saya mampu melaluinya dengan baik. Kemudian pada bagian kedua trek, sudah sangat teknis dan sulit. Saya benar-benar bergantung pada petunjuk di sistem navigasi,” beber Price.

Paulo Goncalves yang merupakan rival terdekat Price, juga tak bisa berbuat banyak. Ia hanya bisa finis di urutan kedua dengan selisihcukup besar dari Price yaitu sekitar 5 menit. Tentunya selisih ini langsung berdampak besar pada posisinya di klasemen sementara. Namun ini bukan akhir, mengingat masih ada etape-etape berat lainnya.

“Saat menjalani etape kedelapan, ekspektasi kami akan kesulitan di DR sudah terlihat sepenuhnya. Dimana peran sistem navigasi dan pembacaannya juga sangat besar. Jadi sangat-sangat teknis,” ujar Price.

Di urutan ketiga pereli yang menggunakan motor Husqvarna yaitu Pablo Quintanilla, juga bisa tampil bagus. Meski tak cukup untuk memberikan perlawanan pada Price, namun kesempatan untuk bersaing meraih kemenangan masih terbuka lebar. (Spy/NM)

Hasil etape-8 Dakar Rally 2016:
1. Toby Price (KTM) AUS – 4:33:14
2. Paulo Goncalves (Honda) 4:38:31
3. Pablo Quintanilla (Husqvarna) 4:39:46
4. Stefan Svitko (KTM) SVK – 4:41:16
5. Kevin Benavides (Honda) ARG – 4:41:20

Klasemen sementara Dakar Rally 2016:
1. Toby Price (KTM) AUS – 27:28:56
2. Paulo Goncalves (Honda) PRT – 27:31:01
3. Stefan Svitko (KTM) SVK – 27:43:10
4. Pablo Quintanilla (Husqvarna) CHL – 27:50:22
5. Kevin Benavides (Honda) ARG – 27:54:51

LEAVE A REPLY

*