Sejarah Panjang Honda di MotoGP Berlanjut, Perpanjang Kontrak Hingga 2026

0
Tim Honda MotoGP
Tim Honda MotoGP. Foto: HRC

NaikMotor – Tim Honda MotoGP resmi meneruskan sejarah panjang di MotoGP. Honda telah memperpanjang kontrak dengan Dorna untuk keikutsertaannya di MotoGP hingga 2026.

Kiprah Honda di ajang balap motor kelas utama diawali pada tahun 1954. Kala itu, pendiri Honda, Soichiro Honda, mendeklarasikan keikutsertaannya di Isle of Man TT, sebuah ajang balap motor utama di era tersebut.

Selama karirnya, Honda telah mencetak 100 pembalap yang mampu menorehkan prestasi hingga 800 kemenangan di semua kategori. Bahkan di kelas utama, Honda sudah menghasilkan 850 podium dan 25 kejuaraan dunia. Hasil tersebut merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan pabrikan lain.

Dalam keterangan resminya, Managing Officer Motorcycle Operations Honda Motor Co., LTD., Noriaki Abe, mengucapkan terima kasih kepada Dorna atas kerja kerasnya menyelenggarakan balapan internasional ini.

“Saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih saya kepada Carmelo Ezpeleta dan Dorna Sport yang sudah menyelenggarakan balapan meskipun dalam situasi pandemi. Kami telah memperbarui kontrak kami untuk bisa bersaing di MotoGP hingga tahun 2026,” ucap Abe.

Menurut Abe, MotoGP ini merupakan bagian penting dalam perkembangan aktivitas motor Sport Honda. Honda telah berkompetisi di FIM Grand Prix World Championship sejak 1959 dan memenangkan grand prix ke-800 tahun lalu.

“MotoGP adalah puncak kejuaraan balap dunia. Disini kamu mengembangkan berbagai teknologi melalui persaingan ketat dengan pabrikan lain. Kami mengajari para insinyur kamu dan mengasah keterampilan mereka,” ucap Abe.

CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta mengungkapkan kebanggaannya kepada Tim Honda karena telah berkiprah di MotoGP selama bertahun-tahun. Menurutnya, pabrikan Jepang telah menjadi bagian penting dalam kejuaraan dunia FIM MotoGP.

“Ini merupakan pengumuman penting bagi MotoGP. Honda merupakan salah satu nama pertama yang terlintas di benak kami saat memikirkan balap motor. Pembaruan kontrak ini diharapkan semakin memperkuat antara kedua belah pihak,” ujar Ezpeleta. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*