Yamaha Vino 2021 Resmi Meluncur, Pakai Mesin Honda!

0
Yamaha Vino
Yamaha Vino. Foto: 2banh.vn

NaikMotor – Honda dan Yamaha meluncurkan sebuah skuter matic bernama Yamaha Vino 2021. Sontak kabar ini mengejutkan pasar roda dua, pasalnya keduanya dikenal sebagai kompetitor pasar otomotif dunia.

Jika dilihat secara sekilas, Yamaha Vino ini memiliki tampilan yang mirip dengan Yamaha Fino yang dipasarkan di Indonesia. Namun siapa sangka, mesin yang digunakan adalah mesin Enhanced Smart Power (eSP) milik Honda. Ya, mesin berkode 2BH-AY02 (Yamaha) itu sama persis dengan mesin Honda AF74E 50cc.

Yamaha Vino 2021

Memang Yamaha Vino merupakan hasil kolaborasi Yamaha dengan Honda. Kedua raksasa otomotif ini mengumumkan kerja samanya pada akhir 2016 lalu untuk memproduksi skuter matic 50cc di pasar domestik. Kolaborasi keduanya bertujuan memangkas biaya produksi.

Skuter matic ini menggunakan mesin eSP 50cc silinder tunggal, lengkap dengan pendingin air. Secara performa, mesin ini sanggu menghasilkan tenaga sebesar 3,3 hp pada 8.000 rpm dan torsi puncaknya 4,1 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm.

Yamaha Vino 2021

Secara tampilan, motor ini menggunakan headlamp halogen yang mirip dengan Yamaha Mio Classico. Kemudian lampu seinnya berbentuk bulat yang menempel bagian bawah tameng depan motor. Sementara lampu belakangnya berbentuk kontak menonjol, yang disandingkan dengan lampu sein belakang yang juga serupa dengan bagian depan.

Dari sektor kaki-kaki, motor ini menggunakan suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakang monoshock. Sistem pengeremannya memakai rem drum pada bagian depan dan belakang, lengkap dengan fitur Combi Brake System. Yamaha Vino menggunakan pelek dan ban berukuran ring 10 inci.

Bobot skuter matic ini sekitar 81 kilogram, termasuk kapasitas tangki 4,5 liter. Panel instrumennya menggunakan perpaduan analog dan digital dan bagian dek tengahnya terdapat slot USB charger 12V 1A. Kemudian bagasi joknya memiliki kapasitas 20 liter.

Saat ini Yamaha Vino 2021 ini diproduksi di Vietnam dan dipasarkan di Jepang dengan banderol 203.500 Yen atau sekitar Rp 30 jutaan. Motor ini tersedia dalam enam pilihan warna, yakni paarlun brown, matt altair silver metallic, pearl shining yellow, irvine denim blue metallic, puko blue, dan grafit black. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here