Sparepart Motor Jadul Kini Makin Susah Dicari? Ini Kata Kolektor

0
Sparepart Motor Jadul
Ilustrasi sparepart motor jadul. Foto: Instagram/mrclassicmotor

NaikMotor – Banyak para pemiliki atau kolektor motor jadul yang mengaku sulit mendapatkan sparepart untuk keperluan motor mereka. Ada beberapa alasan mengapa komponen motor jadul sulit ditemui saat ini.

Menurut salah satu kolektor motor jadul di Bogor, Suntoro, ketersediaan sparepart motor jadul di pasaran saat ini bergantung dari model motornya. Biasanya semakin tua sebuah motor, sparepartnya juga semakin susah untuk ditemui.

“Motor tahun 70-an ke bawah biasanya sudah mulai sulit sparepartnya. Sementara motor tahun 70-an ke atas masih cukup mudah ditemui,” ujar Suntoro kepada NaikMotor, Rabu (17/3/2021).

Kemudian Suntoro juga mengatakan bahwa salah satu ketersediaan sparepart yang paling sulit ditemui adalah milik motor Eropa. Menurutnya sparepart motor Eropa ini hampir tidak ada lagi yang jual karena memang populasi motornya juga sedikit.

“Saya punya satu koleksi motor Eropa. Itu ketika beli sparepartnya sudah susah, bahkan cari di online shop juga tidak ada. Biasanya kalau memang sudah tidak ada, saya kanibal saja sparepartnya,” katanya.

Saat ini sparepart motor jadul sebenarnya masih cukup banyak ditemui di online shop. Namun para pembeli harus selektif mengingat banyaknya spare part tidak orisinil alias KW yang dijual di e-commerce.

“Di online shop itu masih banyak. Cuma ya harus hati-hati belinya, soalnya banyak yang KW juga. Tapi buat kolektor sih tidak terlalu masalah pakai sparepart tidak orisinil, karena kan memang motornya untuk dipajang saja,” ucap Pakde Toro, sapaan akrab Suntoro. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here