Tinjau Pembangunan Sirkuit Mandalika Hampir Rampung, Sandiaga Uno Bicara Pemulihan Ekonomi

0
Pembangunan Sirkuit Mandalika
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok. Foto: istimewa

NaikMotor – Pembangunan Sirkuit Mandalika menuju penyelesaian ditinjau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. Saat meninjau, Menteri Sandiaga menjajal 1 lap di Sirkuit di Lombok itu.

Semangat dan optimisme atas pemulihan ekonomi nasional lantang disampaikan Menparekraf, saat meninjau pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (6/5/2021). Dirinya pun mengaku optimis keberadaan Sirkuit Internasional Mandalika dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi Indonesia.

Keyakinan tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai menjajal satu lap Sirkuit Mandalika. Dipaparkannya, pembangunan Sirkuit sepanjang empat kilometer itu sesuai rencana, sehingga diyakininya seluruh proses pembangunan dapat segera rampung pada Juli 2021 mendatang.

“Saya mulai dengan pantun ya,” ujar Sandiaga Uno.

‘Batu sisir pisang dimakan oleh kera,
Pisang nya diberikan oleh ibu Nia’

‘Ekonomi Indonesia akan pulih segera,
Karena Moto GP Mandalika jadi event kelas dunia’

“Tadi saya sudah muter dan memastikan 4 kilometer sudah nyambung dan lapisan (aspal) pertama sudah selesai, rencananya Juli dirampungkan untuk semuanya, tanah semuanya sudah dilengkapi dengan proses ganti untung dan ganti rugi,” ungkap Sandiaga Uno di NTB pada Kamis (6/5/2021).

“Dan ini semua prosesnya Alhamdulillah kita rampungkan,” tambahnya.

Ia menyebutkan proses pergantian lahan sirkuit internasional Mandalika sudah sesuai ketentuan.

Pihaknya pun sudah membayarkan ganti untung lahan milik warga yang dibebaskan, termasuk lahan enclave yaitu tanah dalam suatu kawasan masih dikuasai orang lain.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak termasuk Gubernur NTB dan pemerintah daerah. Kemenparekraf sudah membayarkan kepada warga masyarakat pemilik lahan enclave,” papar Sandiaga Uno.

“Dengan dukungan Lembaga Manajemen Aset Negara, kami sudah membayar untuk 29 bidang lahan dengan luas lahan 6,5 hektar,” jelasnya.

Berbagai event racing bertaraf internasional dikatakan Sandiaga Uno sudah disiapkan dalam waktu dekat, sembari melihat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Harapan kita ini fasilitas pendukung dikelola dengan baik. Ini wujud support kita untuk pemulihan ekonomi KEK Mandalika. Nanti akan ada beberapa kegiatan seri balap Super Bike yang direncanakan November 2021 dan sejumlah pre race event yang sedang kita rancang,” tutur Sandiaga Uno.

Lebih lanjut dijelaskan, lahan penetapan lokasi 2 Sirkuit Mandalika akan menjadi bagian dari jalan kawasan khusus yang akan digunakan untuk sebagai lokasi seri balap.

Namun, setelah seri balap rampung, infrastruktur dasar itu dapat digunakan masyarakat, sekaligus sebagai fasilitas penunjang pelaksanaan MotoGP dan World Super Bike.

“International Street Circuit Mandalika. Kita lihat beberapa fitur terbaik di dunia, seperti gravel terpanjang 187 meter, pemandangan terindah. Ini kontribusi kita untuk pemulihan ekonomi nasional, agar destinasi super prioritas Mandalika ini menjadi destinasi berkelas dunia, berkualitas, dan berkelanjutan,” tambah Sandiaga Uno. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here