Tes Resmi di Jerez, Honda Uji Banyak Suku Cadang Baru

0
Honda Tes Jerez
Honda menguji banyak hal baru di tes resmi Jerez. Foto: MotoGP

NaikMotor – Dijajal oleh Pol Espargaro, prototipe Honda RC213V tampil dalam balutan warna hitam dan memiliki beragam suku cadang baru untuk diuji di tes resmi Jerez. 

Alberto Puig, Manejer Tim Repsol Honda sempat mengatakan bahwa ada sparepart baru dalam perjalanan, dan terbukti dengan beragam suku cadang baru yang ada di prototipe RC213V warna hitam yang digunakan oleh Pol Espargaro pada tahap penutupan sesi Senin saat tes resmi di Jerez.

Diintip dari situs resmi MotoGP, ada banyak bagian baru yang nampak, seperti sasis, knalpot, dan intake udara baru. Honda juga terlihat memiliki paket aerodinamis baru. Lima paket berbeda turun ke jalur guna menunjukkan bagian yang memerlukan perbaikan.

Sementara itu, pada RC213V anyar yang muncul di Jerez memiliki perbedaan yang cukup jelas yaitu pada air intake barunya. Perubahan yang ada nampak mirip dengan air intake miliki Yamaha M1 saat beralih dari mesin 2019 ke 2020.

Hal berbeda selanjutnya adalah sasis. Karbon di sasis anyar ini nampaknya kurang pada beam utamanya. Sasis 2021 memiliki ikatan karbon ke main beam di sekitar tempat lutut pengendara, sedangkan sasis 2020 memiliki ikatan karbon di atasnya, di sekitar area headstock. Di bawah tempat lencana Honda di tutup tangki, ada dua lasan. Lasan yang diagonal ke kiri adalah hal baru yang belum pernah terlihat dari HRC sebelumnya.

Honda Tes Jerez
Foto: MotoGP

Kelebihan lain dari RC213V anyar adalah tempat baut dudukan engine yang berada di atas dan di bawah poros swingarm. Yang ada di atas poros swingarm berada di tengah penampang frame, sedangkan yang di bawah ada tepat di bagian bawah frame, sedikit menonjol ke depan dan dekat dengan rumah kopling.

Lokasi baut pemasangan engine beda dengan sasis 2021 dan 2020. Ini menandakan Honda sedang menguji mesin baru di Jerez layaknya Suzuki. Motor baru ini memiliki titik dudukan mesin baru dan akan mengubah keseimbangan motor. Honda pun nampaknya sedang mencari jawaban dengan mengumpulkan data untuk menentukan keputusan akhirnya.

Hal beda yang terakhir adalah ujung knalpotnya yang lebih besar. Dalam peningkatan aero, Honda diperbolehkan melakukan satu upgradeselama tahun ini karena mereka menjalankan apa yang mereka miliki pada tahun lalu. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY