Transaksi Pakai Pegadaian Digital di Masa Pandemi, Begini Caranya

0
PT Pegadaian (persero)
Aplikasi Pegadaian Digital dari PT Pegadaian (Persero)

NaikMotor – Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) di Jawa – Bali mulai 3-20 Juli 2021 berdampak pada jam buka PT Pegadaian (Persero). Untuk itu bertransaksi dengan aplikasi Pegadaian Digital menjadi solusi.

Mengurangi aktivitas di luar rumah menjadi satu hal yang dibatasi selama PPKM Darurat berlangsung. PT Pegadaian (Persero) memiliki aplikasi Pegadaian Digital bagi yang ingin bertransaksi dari rumah.

Aplikasi ini bisa diunduh di Appstore dan Play Store lalu melakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, nomor HP, dan email. Berikut adalah panduan singkat transaksi Pegadaian di aplikasi Pegadaian Digital:

1. Perpanjang, Cicil, dan Tebus Gadai
Bagi kita yang memiliki barang Gadai di Pegadaian, kita bisa melakukan transaksi perpanjang, cicil, dan tebus gadai melalui aplikasi Pegadaian Digital. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi Pegadaian Digital. Pastikan sudah registrasi dan login.
Pilih menu Pembayaran & Top Up
Pilih Bayar Gadai
Tentukan jenis kredit yang ingin dilakukan yaitu Perpanjangan, Cicil, dan Tebus Gadai
Masukkan nomor kredit yang ada pada Surat Bukti Gadai (SBG)
Lanjutkan sampai proses pembayaran selesai.

2. Bayar Cicilan Pinjaman
Jika memiliki kewajiban membayar cicilan Pinjaman Usaha, Cicil Kendaraan, atau Pembiayaan Haji, kita juga bisa membayarnya melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan cara:

Buka aplikasi Pegadaian Digital. Pastikan sudah registrasi dan login.
Pilih menu Pembayaran & Top Up
Pilih Bayar Angsuran
Masukkan nomor kredit yang tertera pada akad kredit
Lanjutkan sampai proses pembayaran selesai.

3. Buka Rekening Tabungan Emas
Jika belum pernah membuka rekening Tabungan Emas, pada halaman depan aplikasi Pegadaian Digital sudah ada tombol Buka Tabungan Emas. Sedangkan jika ingin menambah Tabungan Emas, pilih menu Emas di aplikasi Pegadaian Digital, lalu Daftar Rekening dan Tambah Tabungan Emas. Setelah itu akan diminta mengisi data sampai rekening Tabungan Emas terbentuk.

4. Beli, Jual, Transfer, Cetak, dan Gadai Saldo Tabungan Emas
Semua transaksi tersebut ada di menu Emas pada halaman awal aplikasi Pegadaian Digital. Namun, pastikan dahulu memiliki Rekening Tabungan Emas atau sudah terhubung dengan Tabungan Emas. Khusus transaksi Jual, Transfer, Cetak, dan Gadai saldo Tabungan Emas, kita harus terlebih dahulu melakukan Upgrade Akun Premium yang juga bisa dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital.

5. Cicil Emas
Transaksi cicil emas juga bisa dilakukan di aplikasi Pegadaian Digital. Berikut langkahnya:

Buka aplikasi Pegadaian Digital lalu pilih menu Cicil Emas
Pilih merk emas batangan yang diinginkan
Tentukan denominasi atau berat emas batangan
Tentukan tenor angsuran, uang muka, cabang pengambilan emas batangan
Lanjutkan sampai proses selesai.

6. Pengajuan Pembiayaan
Ada dua jenis pembiayaan yang bisa diajukan melalui aplikasi Pegadaian Digital yaitu Pinjaman Serbaguna dan Pembiayaan Porsi Haji. Keduanya bisa ditemukan di menu Pembiayaan pada aplikasi Pegadaian Digital. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY