Mobil Darurat PADODI Omesh, Ubah Mobil Gaul jadi Pengantar Pasien Covid   

0
59
Mobil Darurat PADODI OMESH
Mobil Darurat PADODI milik Omesh untuk mengantar pasien Covid-19 ke RS rujukan. Foto: Arif

NaikMotor – Selebritas yang identik dengan Motorbaik dan Tigrehood, Ananda Omesh tergerak hatinya untuk membantu pasien Covid-19 melalui unit mobil darurat. Berbasis Mercy Vito, mobil darurat PADODI Omesh yang artinya Harapan Doa dan Dedikasi akan beroperasi di sekitar Jakarta.

Angka penyebaran covid-18 yang meningkat membuat warga yang terpapar kesulitan mendapatkan fasilitas kesehatan seperti tabung oksigen. Ananda Omesh yang dikenal sebagai selebritas ringan tangan ikut berempati dengan kondisi ini.Ia banyak menerima pesan di akun Instagram miliknya dari pengikut yang mencari ketersediaan oksigen dan ruang perawatan. Bila melihat instastory @omeshomesh belakangan, banyak sekali dia me-repost unggahan yang membutuhkan oksigen bagi yang terpapar covid atau ketersediaan kamar di rumah sakit. Oiya, sekadar catatan, Omesh sendiri adalah penyintas Covid-19.

Akhirnya dia tergugah untuk berbuat sesuatu dalam membantu warga terpapar virus corona dengan memanfaatkan apa yang dia miliki, pilihannya jatuh pada Mercy Vito miliknya. Mobil van yang sebelumnya dibuat ‘gaul’ dengan pelek Moon, ceper dan bisa dibuat mengangkut motor, akhirnya dirancang sebagai mobil darurat PADODI.

“PADODI itu nama ayah saya singkatan dari Harapan, Doa dan Dedikasi. Mobil ini bukan ambulans yang memiliki standar fasilitas dan pengoperasian khusus, makanya saya menyebutnya mobil darurat. Meski demikian saya melengkapi perlengakapan alat kesehatan di dalamnya untuk bisa membawa pasien dalam kondisi tidak terlalu kritis menuju rumah sakit rujukan,” papar Omesh saat ditemui, Minggu (11/7/2021) di tokonya di kawasan Cipete.

Nait baiknya mendapat sambutan dari para sahabat dan kolega hingga pihak yang tak dikenal sebelumnya.” Interior untuk menaruh barang dan alat kesehatan lainnya dibantu sama @kayuworks lalu sirene sama Sambayakshop, juga ThePopski yang membuat desain mobil darurat PADODI serta ada yang merekomendasikan toko untuk beli alat-alat kesehatan lainnya, ada yang menyumbang tabung oksigen, ponsel sampai ikan..luar biasa sekali dukungannya,” tukas pria yang kini sibuk dengan bisnis Podkesmas Asia Network.

Peralatan medis tersimpan baik di dalam mobil ini mulai kursi roda, stretcher, tabung oksigen serta alat-akat kesehatan lainnya termasuk APD. Sementara sekarang sudah ada relawan berupa juru mudi yang terdiri dari seorang musisi Dav Manopo serta satu yang punya kemampuan mengemudikan mobil ambulans. Ia juga dibantu Grady Kayzel, seorang fotografer untuk mengurusi alat-alat kesehatan di mobilnya, sementar teknis mobil oleh Kiky Anom.

Mobil Darurat PADODI OMESH

Pria penggila sepeda motor yang dikenal perfeksionis ini tidak mau niat baiknya menjadi bahan omongan orang terutama soal aturan ubahan mobil ini. Karena itu, Omesh mengurus izinnya seperti soal urusan Kir ke Departemen Perhubungan dibantu oleh Rifat Sungkar sebagai Waketum IMI Mobilitas. “Jadi saya juga sudah punya panduan kalau orang lain mau bikin mobil seperti ini, beli alatnya dimana dan apa saja yang harus dibawa termasuk rincian biayanya, silakan hubungi saya,” ucap Omesh.

Bagaimana nanti operasional mobil ini? Ternyata Omesh sudah memiliiki SOP pengantaran pasien Covid-19 “

  • Pasien dalam kondisi sadar (tidaak kritis)
  • Pasien sudah memastikan rumah sakit/lokasi tujuan sebelum diantarkan
  • Pasien membawa kebutuhan medis personal
  • Wajib didampingi keluarga/wali pasien (kami sediakan APD)
  • Mobil akan beroperasi di area Jakarta dan sekitarnya
  • Dibawa oleh 2 relawan juru mudi
  • Di bawah pantauan dokter (by phone)
  • Mengantarkan ke maksimal 2 rumah sakit/lokasi tujuan
  • Menunggu (maksimal) 1 jam di setiap rumah sakit/lokasi tujuan

Satu hal yang dilakukan agar tujuannya sesuai sasaran, Omesh rencananya akan bekerja sama dengan organisasi kemanuasisaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) dalam mengatur jadwal pengoperasiannya. Mobil ini akan direncanakan mulai beroperasi hari Selasa (13/7/2021) dari Tigrehood Cipete.

Semoga membawa berkah untuk semua.. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*