Begini Cara Merawat V-Belt CVT Biar Tetap Awet

0
Cara Merawat V-Belt
AHM informasikan beberapa cara untuk merawat v-belt agar tetap awet. Foto: AHM

NaikMotor – Technical Service Division dari PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan tips mengenai cara merawat van belt atau v-belt skuter matik (skutik). Apa saja langkah-langkahnya? 

V-belt merupakan komponen yang memiliki peranan penting pada skuter matik dan bekerja dengan cara menghubungkan mesin dan roda. Skutik sendiri saat ini menjadi salah satu jenis sepeda motor yang banyak diminati karena mudah dioperasikan. Meski mudah, penggunanya juga harus mengetahui cara perawatan sepeda motornya, termasuk dengan cara mengenal kinerja v-belt.

Endro Sutarno selaku Technical Service Division AHM mengatakan bahwa v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima.

Untuk mengatasi rasa penasaran Motoris, tips atau cara merawat van belt atau v-belt agar tetap awet adalah sebagai berikut:

  1. Rutin mengecek V-belt
    Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelahnya harus diganti. Tetapi, hal tersebut bergantung pada gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga bisa memperpendek usia dari v-belt.
  2. Hati-hati dalam menggunakan aksesori balap
    Meski aksesori balap bisa membuat tampilan motor semakin stylish, namun komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesori sehingga kualitasnya tetap terjaga.
  3. Penggunaan skuter matik secara normal
    Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Pada sepeda motor yang bertransmisi matik saat memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini karena selain ramah lingkungan juga mampu memperpanjang umur v-belt.

“V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan konsumen Honda,” ungkap Endro.

“Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” jelasnya lebih lanjut. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY