Akuisisi Adira, Zurich Dirikan Perusahaan Asuransi Umum Syariah Internasional Terbesar

0
Zurich Syariah
Zurich Syariah disebut akan menjadi perusahaan asuransi umum syariah internasional terbesar. Foto: Istimewa

NaikMotor – Setelah mengakuisisi saham Adira Insurance, kini Zurich dikabarkan akan mendirikan sebuah perusahaan asuransi umum syariah terbesar di Tanah Air. 

PT Zurich General Takaful Indonesia atau Zurich Syariah mengumumkan bahwa mereka telah menerima izin regulator beroperasi sebagai perusahaan asuransi umum syariah. Zurich Syariah ini berdiri setelah Zurich Insurance Group (Zurich) memperoleh 80% saham PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) pada November 2019.

Nantinya, Adira Insurance akan mengalihkan portofolio bisnis syariahnya ke Zurich Syariah dan akan terus melayani nasabah dengan layanan dan produk terbaik di kelasnya, sesuai dengan komitmen Zurich yang ingin terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik
kepada nasabah. Perusahaan ini pun dikabarkan akan menjadi operator asuransi syariah internasional terbesar di Indonesia.

“Kami melihat peluang yang luar biasa di segmen asuransi Syariah mengingat Indonesia memiliki lebih dari 270 juta penduduk dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Pendirian
Zurich Syariah merupakan langkah penting bagi kami dalam mendorong pertumbuhan bisnis Zurich di Indonesia,” ujar Hilman Simanjuntak, Presiden Direktur Zurich Syariah.

“Kami bersemangat untuk berperan aktif dalam pengembangan industry, sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong jutaan keluarga di Indonesia menjadi lebih tangguh secara keuangan melalui perlindungan syariah dan asuransi. Saya juga bangga bahwa bersama dengan bisnis asuransi jiwa dan umum, Zurich berada di posisi yang tepat untuk menyediakan rangkaian produk dan layanan yang komprehensif untuk memenuhi beragam kebutuhan nasabah kami,” imbuhnya.

CEO Zurich Asia Pasifik, Tulsi Naidu mengungkapkan, “Zurich berkomitmen untuk mengembangkan skala dan kehadirannya di Indonesia serta di seluruh Asia Pasifik secara jangka panjang.”

“Pendirian Zurich Syariah di Indonesia adalah salah satu wujud nyata kemampuan kami untuk memberikan solusi yang relevan dengan pendekatan lokal yang berfokus untuk menjawab kebutuhan nasabah kami.”

“Zurich telah berdiri kuat di pasar Asuransi Takaful Malaysia, dengan menawarkan produk asuransi jiwa dan umum. Kami akan memanfaatkan keahlian dan pengalaman Zurich di tingkat global dan regional pada segmen ini untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik kepada nasabah kami,” lanjut Tulsi Naidu.

Sementara itu, Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2A OJK, Ahmad Nasrullah juga mengatakan bahwa, “Ekonomi syariah di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan Masterplan Ekonomi Syariah dari Pemerintah bertujuan untuk mengoptimalkan potensi ini serta membangun perekonomian secara nasional.”

“Kami ingin mengucapkan selamat kepada Zurich atas lisensi syariahnya. Perkembangan asuransi syariah dapat mendukung pertumbuhan industri asuransi di Indonesia dan kami berharap agar lebih banyak lagi perusahaan yang melakukan spin off di waktu mendatang,” tutupnya. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY