Kapan Sebaiknya Shock Motor Anda Harus Diganti? Nih Tips dari KYB

0
Kualitas KYB Zeto
Kualitas KYB Zeto sudah diamini oleh bengkel lokal, salah satunya oleh Agustinus dari bengkel Dairy Motor. Foto: Litha

NaikMotor – Suspensi adalah bagian penting dari tingkat kenyamanan berkendara yang harus diperhatikan. Khusus untuk shockabsorber sebagai penopang kestabilan ban saat berinteraksi dengan jalan, ada hal yang perlu diganti sesuai tips dari KYB.

Fungsi utama dari shockabsorber dan penopangnya adalah untuk menjaga kestabilan ban berinteraksi dengan jalan, sehingga Anda dapat mengendalikan kendaraan dengan baik. Anda akan berada dalam bahaya sampai kehilangan kendali di jalan jika shock absorber dan penopangnya bermasalah.

Shock Absorber KYB OZ
Shock Absorber KYB miliki beragam series dan bisa didapatkan secara mudah. Foto: Istimewa

Berikut tips dari KYB, produk shockaborber buatan PT Astra Otoparts yang memiliki varian lengkap dan sesuai standar OEM untuk berbagai jenis sepeda motor soal penggantian parts ini.

  • Bila sudah dipakai 20.000 km atau lebih, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  • Periksalah ban kendaraan anda Jika ban aus secara tidak merata, itu berarti shock absorber sudah tidak berfungsi lagi.
  • Apabila motor Anda mentok atau kandas sewaktu melewati jalan rusak, berlubang, rel kereta api, atau rintangan lain, maka shockabsorber harus segera diganti.
  • Apabila motor sulit dikendalikan atau setang sering membuang, itu salah satu tanda shockabsorber sudah tidak berfungsi dan harus segera diganti.
  • Periksa shockabsorber motor Anda Jika ada oli keluar dari tabungnya maka itu bisa berarti bocor dan harus segera diganti
  • Bila ayunan motor lambat dan toidak segera berhenti coba tekan dan ayun beberapa kali, kemudian lepaskan. Itu berarti shock absorber perlu diganti.

Jika kendaraan anda tidak lulus tersebut diatas maka shock absorber motor Anda sudah harus segera diganti. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here